February 16, 2017

Rangkuman Materi Paru-paru (Pulmo)

Hari ini saya akan memberikan artikel seputar paru paru, di artikel ini saya akan meringkasnya secara singkat dan padat. Di dalam paru paru terdapat bronkiolus dan alveolus, saya akan menjelaskannya secara singkat dikarenakan ini merupakan rangkuman. Berikut adalah artikelnya :


Paru-Paru (Pulmo)

Jadi letak paru paru terletak di dalam rongga dada (thoraks). Rongga dada dan rongga perut dipisahkan oleh suatu selaput yang disebut diafragma . Paru paru diselubungi suatu kantong berselaput, yakni pleura parietalis dan pleura viseralis. Di antara kedua lapisan pleura itu terdapat eksudat untuk meminyaki permukaannya sehingga mencegah terjadinya gesekan antara paru paru dan dinding dada yang bergerak saat bernafas.

gambar bagian paru-paru
gambar bagian paru-paru


Paru paru terdiri atas paru paru kanan dan paru-paru kiri. Paru - paru kiri terdiri atas dua lobus, sedangkan paru-paru kanan terdiri atas tiga lobus. Setiap lobus tersusun atas lobula

Bronkiolus dan Alveolus

Di dalam paru-paru terdapat bronkiolus serta alveolus, diuraikan sebagai berikut : 

1. Bronkiolus

Merupakan cabang dari bronkus intrapulmonalis, dindingnya lebih tipis dan saluranya lebih kecil. Pada transisi dari bronkus ke bronkiolus terjadi perubahan epitel dari epitel silindris berlapis banyak semu bersilia menjadi epitel kubus bersilia dan tidak ditemukan kelenjar dan tulang rawan.

Lapisan otot polos yang relatif lebih tebal dari pada bronkus. Bronkiplus bercabang-cabang lagi membentuk bronkiolus ujung yang berakhir pada bronkiolus pernapasan. Mulai pada bronkiolus ujung dan saluran saluran selanjutnya tidak lagi terdapat keping keping tulang rawanmaupun kelenjar lendir.

Bronkiolus pernapasan bercabang cabang secara radial membentuk saluran (duktil) alveoli. Pada bronkiolus pernapasan mulai terjadi perutkaran gas.
Dukti alveoli merupakan saluran yang tipis dan didingnya terputus putus, empunyai banyak percabangan yang menuju ke alveoli. Dinding saluran ini tersusun atas serabut kolagen serta otot polos.

2. Alveolus

Di bagian dalam paru-paru terdapat gelembung halus yang merupakan perluasan permukaan paru paru yang disebut alveolus. Pada paru-paru Orang dewasa kira kira terdapat 300 pita alveolus. dengan adanya alveolus, luas permukaan paru paru diperkirakan mencapai 160m2 atau 100kali lebih luas dari pada luas permukaan tubuh.

Dinding alveolus tersusun atas selapis sel epitel pipih (sehingga didingnya tipis) yang membatasi lumen, jaringan ikat yang mengandung serabut kolagen, elastis, dan retikulum, fibroblas, dan makrofag. Makrofag disebut pula "dust cell" yang terdapat pada perokok. 

Alveolus dililit oleh banyak kapiler kapiler darah. Sel epitel pipih alveolus dan sel endotel kapiler yang melilitnya membina membran pernapasan. Pada bagian ini terjadi pertukaran gas pernapasan dengan pembuluh darah secara beesar besaran gas terjadi secara difusi. 


Sekian artikel materi singkat mengenai "Rangkuman Materi Paru-paru (Pulmo) " Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jangan lupa untuk share ya, terimasih.

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.