February 20, 2017

Proses penciuman dan Fungsi Indra pembau

Hai , hari ini saya akan menjelaskan artikel biologi mengenai indra pembau, disini saya akan menjelaskan mengenai Apa fungsi dari indra pembau serta bagaimana proses penciuman berlangsung, berikut adalah artikelnya.

Proses penciuman dan Fungsi Indra pembau
Proses penciuman dan Fungsi Indra pembau 

Indra Pembau Berfungsi ... 

Indra pembau berfungsi untuk menerima rangsangan berupa bau suatu zat yang terlarut dalam udara atau air sebagai mediumnya. Indra pembau terletak pada rongga hidung yang berhubungan dengan faring, dalam hal ini rongga hidung juga berfungsi sebagai saluran pernapasan.

Sel reseptor bau (sel olfaktorius) terdapat pada tunika mukosa hidung bagian atas. Sel olfaktorius memiliki bentuk silindris dan mempunyai filamen filamen seperti rambut pada permukaan bebasnya. 

Akson sel olfaktorius berjalan menuju ke bulbus olfaktorius pada sistem saraf pusat. Sel sel olfaktorius didampingi oleh sel sel penunjang yang berupa sel eptitel silindris berlapis banyak semu. PAda tunika mukosa rongga hidung terdapat kelenjar mukosa yang menggetahkan lendir untuk melarutkan partikel partikel yang masuk bersama udara pernapasan dan untuk membasahi epitel olfaktorius agar dapat melakukan fungsinya dengan baik. 


Bagaimana Proses Penciuman (Proses Membau) 

Rangsang (Bau)  Lubang hidung   Epitel Olfaktori   Mukosa Olfaktori   Saraf Olfaktori   Hipotalamus   Otak daerah olfaktori (Korteks serebrum)   Sensasi Membau. 

Terimakasih sekian saja artikel dari saya dnegan judul "Proses penciuman dan Fungsi Indra pembau  " Semoga artikel saya bermanfaat bagi anda, mohon maaf jika ada kesalahan kata di artikel yang saya berikan ini terimakasih. 

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.