November 20, 2016

Pengertian serta Struktur Teks Pantun

Hai guys hari ini saya akan mengshare artikel mengenai Pantun, di materi bahasa indonesia kelas 11 yak mengenai pantun , saya akan memberikan mengenai apa pengertian dari teks pantun serta bagaimana struktur teks pantun. Berikut artikel mengenai pengertian Teks pantun dan Struktur teks pantun. 

Pengertian serta Struktur Teks Pantun

Pengertian Teks Pantun

Kalian pasti semua disini mengenal apa itu pantun, Pantun adalah salah satu jenis sastra lisan yang berbentuk puisi. Pantun berasal dari kata patuntun (Bahasa Minangkabau) yang artinya "petuntun". Pantun dalam bahasa jawa disebut dengan istilah Parikan, sedankan dalam bahasa Sunda dikenal dengan sebutan Paparikan, dan dalam bahasa Batak dikenal dengan istilah Umpasa . Kata pantun berarti laksana, ibarat atau umpama.

Sebuah pantun pasti berbeda dengan teks lainya, untuk itu dalam pantun mempunyai cirikhas tersendiri, berikut adalah ciri ciri dari teks pantun. 

Ciri Ciri teks pantun : 

  • Tiap Bait terdiri atas 4baris atau larik
  • Setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata
  • Baris pertama dan kedua merupakan sampiran : fungsinya adalah sebagai pengantar (paling tidak menyiapkan rima selanjutnya) untuk emmpermudah pemahaman isi dari pantun tersebut.
  • Baris ketiga dan keempat merupakan isi
  • bunyi akhir (rima) adalah (a-b-a-b)

Struktur teks Pantun 

Dilihat dari stukturnya, pantun terdiri dari bait, barik (larik), sampiran, isi, dan rima. Selain unsur tersebut, pantun juga mementingkan irama saat pengucapanya, jadi waktu diucapkan nadanya jangan datar ya teman! karena pantun merupakan sastra lisan. 

Bagan Struktur Teks Pantun 

Gambar Bagan Struktur Teks Pantun


Contoh teks pantun 

Pinang muda dibelah dua         (1) - a / sampiran 
Anak burung mati diranggah    (2) -ah / sampiran 
Dari muda sampai ke tua          (3)  -a / isi
Ajaran baik jangan di rubah     (4) -ah / isi 


Beras kisar mudik ke hulu                (1)  -lu / sampiran
Tanah pulut santan durian                 (2)  -an/ sampiran 
Tak ada yang menyesal dahulu         (3)  -lu/isi
Banyak orang menyesal kemudian   (4) -an/isi


Itu tadi mengenai Pengertian pantun, Ciri ciri pantun, Struktur pantun, serta contoh dari pantun. lengkap kan. Terimakasih telah membaca artikel ini dengan judul "Pengertian serta Struktur Teks Pantun" Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. mohon maaf jika ada kesalahan kata dalam penulisan artikel ini ya. 

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.