November 12, 2016

Apa Saja Syarat Syarat Ijab Kabul ?

Apa Saja Syarat Syarat Ijab Kabul ?


Hari ini saya akan memposting artikel agama islam mengenai "Apa Saja Syarat Syarat Ijab Kabul ?" Di artikel ini saya akan menjelaskan mengenai apa saja syarat syarat dari melakukan Ijab Kabul, berikut artikelya.

Ijab Kabul dapat sah dan mempunyai akibat hukum bagi suami istri haruslah memenuhi syarat syarat yang ada, seperti berikut ini ;

Syarat Syarat Ijab Kabul

Apa Saja Syarat Syarat Ijab Kabul
Apa Saja Syarat Syarat Ijab Kabul 
  1. Kedua belah pihak sudah tamyiz (dewasa), baik wali maupun pengantin laki laki. Jika salah satu masih anak anak atau hilang ingatan, maka ijab kabul tidak sah.
  2. Ijab Kabul dilakukan dalam satu majlis.
    Termasuk dalam pengertian satu majils adalah pengucapan ijab dan kabul itu tidak boleh diselingi dengan kata kata lain, atau menurut kebiasaan pada umumnya, tak ada peristiwa atau selingan yang menghalangi antara pernyataan ijab dan kabul. Meskipun tidak disayratkan ijab kabul itu harus berlangsung dengan cepat.
  3. Sigat (peryataan) kabul tidak menyalahi itu lebih baik. Misalnya dinyatakan ; "Aku nikahkan anakku dengan maskawin satu juta rupiah. " lalu diterima dengan ucapan : "Saya terima nikahnya (menyebut nama mempelai wanita) dengan maskawin sepuluh juta rupiah."
  4. Sigat menggunakan bahasa yang dapat dimengerti oleh oprang yang berakad (kedua mempelai). Sebagian ulama mengatakan sunnahhukumnya jika menggunakan Bahasa Arab meskipun tidak memahami secara sempurna. yang penting mengerti maskud dan niatnya serta mengetahui terjadinya akan pernikahan.
  5. Lafaz Ijab kabul harus diucapkan dengan kata kata nikah atau "ankahtuka wa zawwajtuka". Misalnya kata wali : "Saya nikahkan engkau dengan Puspita anakku dengan maskawin satu juta rupiah tunai". Lalu diterima dengan ucapan : "Saya terima nikahnya puspita binti (nama ayah) dengan maskawin sebagaimana tersebut."
  6. Ijab kabul bersifat mutlak.

    Tidak bersyarat : misalnya kata wali :"kunikahkan anakku jika kamu sudah mendapat pekerjaan." Lalu diterima dengan ucapan : "Saya terima".
    Tidak dikaitkan dengan waktu akan datang, misalnya kata wali ; "kunikahkan anakku dengan kamu nanti waktu bulan puasa." Lalu diterima dengan ucapan " Saya terima". 

    Tidak untuk sementara waktu, misalnya kata wali ; "kunikahkan ankku dengan kamu satu tahun saja." Lalu diterima dengan ucapan "Saya terima". 

Terimakasih Sekian artikel saya dengan judul "Apa Saja Syarat Syarat Ijab Kabul ?" Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda . Mohon maaf jika ada kesalahan kata ataupun  kalimat pada artikel ini. Salam Gerbangilmu.com

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.