October 21, 2016

Unsur Kebahasaan teks cerita ulang Biografi

Hari ini saya akan memberikan sebuah artikel mengenai pelajaran Bahasa Indonesia , artikel ini saya beri judul "Unsur Kebahasaan teks cerita ualng Biografi" Di artikel ini akan di jelaskan unsur kebahasaan apa saja yang terdapat di dalam sebuah teks Biografi.

Unsur Kebahasaan teks cerita ulang Biografi


Jadi unsur kebahasaan teks cerita ulang biografi ini ada pronominal, pengacuan, kunjungsi, verba material, dan kalimat simpleks . berikut penjelasanya :

Pronomina :

Pronomina atau kata ganti merupakan kata yang digunakan untuk menggantikan benda dan menamai seseorang atau sesuatu secara tidak langsung. Pronomina ini dibagi menjadi 3 jenis, yakni sebagai berikut :

Pronomina persona disebut juga kata ganti orang adalah pronominal yang digunakan untuk acuan manusia. Seperti table di bawah ini :
 PRONOMINA PERSONA TUNGGAL  JAMAK 
 Kata ganti orang pertama aku,saya,daku, ku kami, kita 
 Kata ganti orang kedua  kamu, anda, engkau, kau, dikau, mu kalian, kamu sekalian 
 kata ganti orang ketiga  dia, beliau, ia -nya  mereka


Contoh :
  • Bapaknya menyewa sebuah losmen di kawasan Araya , Malang untuk mereka tinggal sekeluarga, hanya satu kamar yang kemudian dihuni 8 orang. Kedua orang tua Toto dan tiga orang anaknya , termasuk Toto sendiri

Pronomina Penunjuk Selanjutnya pronominal penunjuk. APa yang dimaksud dengan pronominal penunjuk ? Pronomina penunjuk adalah pronominal yang dipakai sebagai penunjuk umum arah/ tempat.
  • Kata ganti penunjuk arah atau tempat : sini, situ, sana, disini, di situ, ke sana, ke sini, kesitu.
  • Kata ganti penunjuk umum : ini , itu.

Pronomina Penanya Merupakan pronominal yang digunakan untuk menanyakan hal berupa manusia, benda, pilihan, waktu, serta tempat.
  • Kata ganti penanya orang: benda, dan pilihan : apa, siapa, yang mana
  • Kata ganti penanya waktu: kapan
  • Kata ganti penanya tempat : di mana, ke mena, dari mana.

Pengacuan :

Selanjutnya unsur kebahasaan yang kedua adalah pengacuan, Apa yang dimaksud dengan pengacuan ? pengacuan adalah alat kohesi yang baik untuk menghindari pengulangan kata yang terus menerus.
Contoh :
PENGACUAN Hal yang diacu pengacuan dalam kalimat
 Rumah tersebut Tidak kuat terus menerus membayar sewa losmen, mereka kemudian memutuskan pindah ke daerah Gang abu, batu tulis, salah satu kantong kemiskinan d jakarta waktu itu Rumah tersebut adalah rumah nenek Chairul, dari ibundanya, Halimah
 Perusahaan Chairul dan
Temanya
 Setamat kuliah, Chairul memantapkan bisnisnya dengan mendirikan PT Pariarti  Shindutama bersama dua temanya pada tahun 1987 Perusahaan Chairul dan temanya memproduksi sepatu anak anak untuk diekspor



Kata yang menunjukkan Peristiwa, waktu, dan Tempat : 

Dalam teks cerita ulang  biografi, terdapat kata kata yang menunjukkan peristiwa, waktu, dan tempat yang dialami tokoh.
Contoh nya :
  • Chairul Tanjung yang biasa akrab dipanggil CT lahir di Jakarta, 16 Juni 1962
  • ketika chairul duduk di bangku sekolah menengah pertama, ayahnya yang mempunyai percetakan koran, transportasi, dan lainya gulungtikar dan dinyatakan pailit oleh pemerintah karena idealismenya yang bertentangan dengan pemerintahan Orde Baru.
  • Chairul Tanjung kemudian mengubah nama Para Group menjadi CT Corp. Pada 1 Desember 2011

Verba Material :

Apa yang dimaksud dengan Verba material ? Verba material adalah kata kerja yang berupa perbuatan fisik atau partisipan . Partisan yang melakukan sesuatu disebut actor dan yang dituju oleh kata kerja atau dsebut sasaran.

Contoh :
  • Chairul Tanjung (actor) mendirikan (verba material) perusahannya sendiri yang bergerak di bidang media, yakni Trans TV (sasaran).
  • CT (Aktor) mendirikan (verba material) perusahaan patungan (sasaran) dengan Jusuf Kalla dan membangan (verba material) taman wisata terbesar Trans Studio (sasaran) di Makassar untuk menyaingi keberadaan Universal Studio yang berada di Singapura..

Konjungsi :

Apa yang dimaksud dengan Konjungsi , Konjungsi merupakan kata penghubung yang menyatakan waktu,  seperti : ketika, sewaktu, waktu, setelah , sebeum, dan sesudah. Akan tetapi, tidak menutup kemunginan menggunakan kata penghubung lainya. Konjungsi terdiri atas beberapa jenis :

Konjungsi intra kalimat yaitu kata yang berfungsi sebagai penghubung antara satu kata dan kata lain dalam satu kalimat.

Konjungsi Antarkalimat, yaitu kata hubung tersebut berfungsi menghubungkan kalimat yang satu dengan kalimat yang lain, misalnya : akan tetapi, meskipun demikian, dan oleh karena itu.


Kalimat Simpleks :

apa yang dimaksud dengan kalimat simplkes, kalimat simpleks adalah kalimat tunggal yang terdiri dari satu klausa saja. Polanya data berupa SP, PS, SPO, SPOK, SPK, SPPel ( Subjek Predikat Pelengkap) dan K (keterangan).



Sekian itulah tadi beberapa unsur kebahasaan dari teks cerita ulang biografi pelajaran SMA kelas 11, semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada kesalahan kata di artikel yang saya berikan ini.


Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.