October 20, 2016

Struktur Teks Cerita Ulang Biografi

Hari ini saya akan memberikan sebuah artikel mengenai teks cerita ulang biografi, di artikel sebelumnya saya telah mengupload mengenai pengertian dari teks cerita ulang beserta dengan jenis jenisnya. Untuk artikel ini "Struktur Teks Cerita Ulang Biografi " Saya akan memberikan struktur dari teks cerita ulang biografi beserta penjelasanya.


Struktur Teks Cerita Ulang Biografi
Struktur Teks Cerita Ulang Biografi 

Struktur Teks cerita ulang biografi 

Struktur teks cerita ulang biografi secara runtut adalah sebagai berikut : 

  1. Orientasi yaitu bagian pengenalan tokoh atau pelaku di dalam teks cerita ulang biografi secara umum, seperti nama, tempat dan tanggal lahir, latar belakang keluarga, serta riwayat pendidikan.
  2. Peristiwa dan masalah yaitu bagian yang berisi peristiwa peristiwa terpenting dalam kehidupan tokoh yang menarik, mengesankan, mengagumnkan, serta mengharukan , dan permasalahan permasalahan yang dihadapi tokoh dalam mencapai tujuanya dan citacitanya.
  3. Reorientasi tahap ini merupakan tahap terakhir dalam struktur teks cerita ulang biografi, Reorientasi merupakan bagian penutup yang berisi padangan penulis terhadap rokoh yang diceritakan. Reorientasi ini bersifat opsional, apa itu opsional ? yaitu boleh ada boleh juga tidak ada.

Jadi itu saja mengenai struktur teks cerita ulanh biografi, penjelasan yang singkat dan padat. Untuk contoh nya nanti akan kami berikan di artikel selanjutnya. Sekian artikel dengan judul "Struktur Teks Cerita Ulang Biografi " mohon maaf jika ada kesalahan kata. Sekian

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.