August 21, 2016

Pengertian dan Klasifikasi Masalah Sosial - Lengkap

hari ini saya memberikan sebuah artikel mengenai pelajaran sosiologi yang saya beri judul yaitu "Pengertian dan Klasifikasi Masalah Sosial Lengkap" di artikel ini saya akan memberikan pengertian mengenai masalah sosial serta apa klasifikasi masalah sosial . berikut merupakan artikelnya untuk anda.

Baca juga : 
Pengertian dan Klasifikasi Masalah Sosial.jpg
Pengertian dan Klasifikasi Masalah Sosial.jpg


Pengertian dan Klasifikasi Masalah Sosial - Lengkap

Masalah sosial atau problem sosial ini adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur unsur dalam kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial, atau menghambat terpenuhinya keinginan keinginan pokok dari warga warga kelompok sosial tersebut, sehingga menyebabkan rusaknya ikatan sosial. 

Dalam keadaan normal terdapat integrasi serta keadaan yang sesuai pada hubungan hubungan antara unsut unsut kebudayaan atau masyarakat. Soerjono Soekanto mengklasifikasikan masalah sosial menjadi empat macam, apa saja ?  berikut merupakan klasifikasi masalah sosial menurut soerjono soekanto 

  1. Masalah sosial dari faktor ekonomi, seperti kemiskinan dan pengangguran
  2. masalah sosial dari faktor psikologis, seperti penyakit saraf, kegilaan (stress), dan bunuh diri
  3. Masalah sosial dari faktor biologis, seperti penyakit menular
  4. masalah sosial dari faktor kebudayaan, seperti perceraian , kasus pencurian, kasus kenakalan remaja, dan lain sebagainya

Klasifikasi diatas sebenarnya tidak mutlak, misalnya kita ambil dari kemiskinan yang merupakan masalah sosial dari faktor ekonomi, bisa juga dari faktor biologis dan faktor lainya. 

Sekian artikel hari ini dari saya dengan judul "Pengertian dan Klasifikasi Masalah Sosial - Lengkap" Semoga artikel ini membantu tugas anda dalam menjabat sebuah pertanyaan yang diberikan oleh guru kamu. jangan lupa baca artikel lainya ya , Mohon maaf bila ada kesalahan kata dia artikel ini. 

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.