July 21, 2016

Tolak Ukur Nilai Sosial

Artikel selanjutnya mengenai Tolak Ukur Nilai Sosial . Artikel ini berisi tentang apa itu tolak ukur nilai sosial serta penjelasan rinci mengenai tola ukur nilai sosial.

Baca Juga Artikel sebelumnya :




Tolak Ukur Nilai Sosial Adalah

Apa Pengertian dari Tolak ukur Nilai Sosial ? 

Tolak ukut nilai sosial adalah daya guna fungsional suatu nilai dan kesungguhan penghargaan, penerimaan atau pengakuan yang diberikan oleh seluruh atau sebagian besar masyarakat terhadap nilai sosial tersebut.


Setiap Nilai sosial pada suatu masyarakat mempunyai tolak ukur yang berbeda beda, tetapi secara universal tolak ukur nilai sosial tidak jauh berbeda antaa masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain. Karena tolak ukur yang digunakan adalah Sama yaitu atas dasar "daya guna fungsionak". 


Dikatakan daya guna fungsional karena setiap objek dihargai menurut fungsinya dalam struktur dan fungsi masyarakat yang bersangkutan. Misalnya presiden mendapat nilai sosial yang lebih tinggi dari bupati, karena fungsi presiden dinilai lebih tinggi dari pada fungsi Bupati.



Tolak ukur fungsional dalam masyarakat biasnya cenderung bersifat sementara, hal ini dikarenakan setiap masyarakat selalu berkembang terus sesuai dengan dinamika masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga tolak ukur nilai sosial sewaktu waktu dapat berubah, misalnya keududkan seorang dukun yang karena fungsinya sangat besar dianggap memiliki kedudukan yang penting dalam masyarakat. Namun dengan perkembangan iptek lama kelamaan fungsi seorang dukun terdesak oleh fungsi seorang dokter, sehingga kedudukan seorang dukun dianggap tidak penting lagi di dalam masyarakat.



Tolak ukur nilai sosial bisa bersifat tetap

Tolak ukur nilai sosial dalam masayrakat bisa bersifat tetap atau tahan lama jika memenuhi dua syarat , yakni : 

  1. Tolak ukur itu harus diberikan dan disetujui oleh seluruh atau sebagian besar anggota masyarakat.Jadi bukan atas dasar keinginan individu individu.
  2. Tolak ukur harus diterima sungguh sungguh oleh seluruh dan sebagian besar masyarakat. melanggarnya dan luapan emosi masyarakat apabila ada seseornag yang hendak merubah atau mengahncurkan nilai tersebut. 

terimakasih selah membaca artikel ini berjudul "Tolak Ukur Nilai Sosial " Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jangan lupa share artikel ini ya. Trimakaih. 

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.