July 21, 2016

Pengertian Nilai dan Tolak Ukur Nilai Sosial

Hai guys hari ini di postingan selanjutnya saya memposting sebuah artikel mengenai pelajaran sosiologi kelas 10 SMA mengenati Nilai sosial. Di artikel ini saya akan membahas mengenai apa pengertian dari nilai sosial serta tolak ukur nilai sosial , berikut merupakan artikelnya.


Pengertian Nilai dan Tolak Ukur Nilai Sosial

Pengertian Nilai Sosial

Dalam pengertian sehari hari arti nilai dapat diartikan sebagai : 
  • Harga (taksiran harga)
  • Angka kepandaian (nilai ujian, nilai)
  • Ukuran, kadar, mutu, serta bobot.
Dalam pengertian sosiologi nilai diartikal sebagai berikut : 

Pengertian nilai menurut Soerjono soekanto :

Menurut Soerjono soekanto nilai adalah konsepsi abstrak dalam diri manusia mengenai apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap buruk.

Pengertian Nilai menurut Milton Rokeah.

Menurut Milton Rokeah, nilai adalah suatu jenis keyakinan tentang bagaimana seseorang sepatutnya atau tidak patut dalam melakukan sesuatu atau tentang apa yang berharga dan tidak berharga untuk dicapai atau dikerjakan.

Pengertian Nilai Menurut Robert M.Z. Lawang

Menurut Robert M.Z Lawang pengertian nilai adalah gambaran apa yang diinginkan yang pantas , yang berharga, yang mempunyai nilai perilaku sosial dari orang yang memiliki nilai tersebut.


Dalam pengertian sehari hari nilai dianggap bersifat konkret (nyata). Misal, nilai ekonomis sebuah mobil diartikan sebagai harga sebuah mobil yang dapat ditukar dengan uang. Dalam sosiologi, nilai bukan ukuran yang dapat ditukar dengan barang nyata, karena nilai dalam sosiologi bersifat abstrak (tidak nyata) . Misal, nilai saling menghormati dan menempati janji merupakan sesuatu yang bernilai atau sesuatu yang dianggap baik dalam kehidupan masyarakat.

Oleh karena itu, nilai sosial dalam sosiologi dapat diartikan sebagai sesuatu yang diinginkan, sesuatu yang baik, sesuatu yang dicita citakan, sesuatu yang pantas, sesuatu yang dianggap penting oleh warga mesyarakat dan dijadikan dasar dalam menentukan apa yang baik, bernilai atau berharga dalam hidupnya. 



Untuk Artikel Tolak Ukur Nilai Sosial Klik link dibawah : 

Tolak Ukur Nilai Sosial


Terimakasih telah membaca artikel yang berjudul "Pengertian Nilai dan Tolak Ukur Nilai Sosial" Semoga bermanfaat bagi anda. jangan lupa share artikel ini ya. trimakasih 

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.