July 7, 2016

Berikut Merupakan Teori Sel Mengenai Kehidupan

Hari ini kami akan memberikan sebuah artikel mengnai pelajaran biologi kelas 2 SMA, di artikel ini kami akan membahas mengenai SEL dari Awal , untuk itu kami akan membahas mengenai teori sel mengenai kehidupan. Beikut ini merupakan Teori sel mengenai kehidupan 

 Merupakan Teori Sel Mengenai Kehidupan
Robert Hooke dan penemuan selnnya


Saat ini kalian pasti sudah pernah melihat sel di laboraturium sekolah kalian menggunakan alat yang bernama mikroskop, sel pertama kali dilihat pada tahun 1665, ketika seorang ilmuwan inggris bernama Robert Hooke mengamati penampang melintang sayatan tipis gabus dari batang tumbuhan di bawah mikroskop. Hooke melihat rongga kosong segi enam yang mirip kamar sehingga ia menamakannya sel itu dengan nama (cellula = kamar) .

Dua ahli biologi dari german, yaitu Mathias J. Schleiden serta Theodor Scwann pada tahun 1883 membuktikan bahwa sel hidup bukanlah kamar kosong, melainkan berisi cairan sitoplasma yang mendukung segala aktivitas dasar dari makhluk hidup. Lalu kedua ahli tersebut kemudian membangun teori sel.

Dari teori sel tersebut menyatakan bahwa semua makhluk hidup tersusun atas sel. Lalu yang dimaksud dengan sel merupakan unit struktural dan fungsional terkecil pada makhluk hidup. Sel sebagai unit struktural terkecil bermakna bahwa sel merupakan penyusun yang mendasar bagi tubuh mkhluk hidup.

Setiap sel tersusun dari berbagai bagian, bagian dari sel yang pertama ialah membran plasma, lalu intisel (nukleus), sitoplasma, dan organel sel. Pada makhluk hidup multiseluler sel sel yang serupa berkumpul bersama dan menjalankan satu fungsi yang membantuk jaringan.

Jaringan jaringan yang berbeda menyusun suatu organyang memiliki fungsi tertentu. Organ organ yang berbeda bekerja bersama sama membentuk suatu sistem organ.

Sel sebagai unit fungsional bermakna bahwa sel atau sel sel penyusun tubuh makhluk hidup melakukan suatu fungsi atau kegiatan proses hidup. Fungsi yang dilakukan oleh sel adalah
respirasi, ekskresi, transportasi, sintesis, rangsangan. Sel juga merupakan unit hereditas atau pewaris yang menurunkan sifat genetis dari satu generasi kepada generasi yang akan datang atau berikutnya


Ya teman teman sekian saja artikel dari saya mengenai sel dengan judul  Merupakan Teori Sel Mengenai Kehidupan Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian, jangan lupa comment dan share artikel ini, terimakasih. :)

1 komentar:

Click here for comments
July 9, 2016 at 10:15 AM ×

Wah infonya tentang sel kehidupan mudah dimengerti kang
Makasih kang infonya
Ane jadi ngerti teori sel kehidupan

Reply
avatar

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.