July 20, 2016

Apa saja Kekhasan Atom Karbon ?

loading...
Hari ini saya akan memberikan artikel mengenai pelajaran kimia kelas 2 SMA mengenai senyawa hidrokarbon. Di artikel ini saya akan memberikan beberapa sifat khas yang dimiliki oleh awtom karbon. Apa saja sih kekhasan atom karbon ? , berikut artikelnya

Sebelum langsung ke topik pembahasan, kalian harus mengetahui dahulu mengenai senyawa hidrokarbon. Jadi senyawa hidrokarbon merupakan senyawa karbon sederhana yang terdiri dari atom karbon (C) serta atom hidrogen (H).

Untuk mengidentifikasi unsur C dan H dalam senyawa karbon digunakan uji air kapur dan uji kertas kobalt. Uji air kapur bertujuan untuk menguji keberadaan gas CO2.

Uji kertas kobalt digunakan untuk menguji adanya H2O. Adanya H2O berarti menunjukkan adanya unsur H dan O.

Kekhasan Atom Karbon

Kekhasan Atom Karbon 

lalu kita langsung ke pembahasan topik kali ini yakni Kekhasan atom karbon. Senyawa karbon banyak sekali dijumpai dalam kehidupan sehari hari. Hal tersebut deikarenakan atom karbon mempunyai sifat yang khas, yang tidak dimiliki oleh atom yang lain. Lalu apasaja sifat khas yang dimiliki oleh atom karbon ? berikut ini merupakan sifat khas yang dimiliki olehh atom karbon 

1. Atom karbon mempunyai 4 elektron valensi

Atom karbon mempunyai 4 elektron valensi, sehingga atom karbon dapat membentuk empat buah ikatan kovalen dengan atom atom yang lain. Tidak ada unsur dari golongan lain yang dapat membentuk ikatan kovalen sebanyak 4 buah dengan aturan oktet. 

2. Atom Karbon relatif kecil.

Atom Karbon relatif kecil. Hal ini menyebabkan ikatan koalen yang dibentuk relatif kuat dan dapat membentuk ikatan kovalen yang dibentuk relatif kuat dan dapat mebentuk ikatan kovalen lengkap. 

3. Atom karbon dapat membentuk rantai karbon

Atom karbon dapat membentuk rantai karbon dengan cara berikatan degan atom karbon lainya. Ikatan atom karbon dengan atom karbon yang lain tersebut dapat membentuk rantai panjang lurus, bercabang, maupun melingkar membentuk senyawa siklik. 

Seperti contoh berikut : 

  • Senyawa hidrokarbon rantai lurus : 
SENYAWA HIDROKARBON rantai lurus
  • Senyawa Hidrokarbon rantai bercabang : 

Senyawa Hidrokarbon rantai bercabang



  • Senyawa Hidrokarbon siklis

senyawa Hidrokarbon siklis




Terimakasih sekian artikel saya dengan judul"Apa saja Kekhasan Atom Karbon ?" semoga bermanfaat bagi anda, mohon maaf jika ada keselahan kata maupun kekurangan materi dalam artikel ini, bila ada silahkan berkomentar. terimakasih
loading...

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.

loading...