June 7, 2016

Perlawanan rakyat Indonesia terhadap Jepang

Hari ini, kami akan memberikan sebuah artikel tentang Perlawanan rakyat Indonesia terhadap Jepang. Berikut artikelnya untuk anda.

Perlawanan rakyat Indonesia terhadap Jepang
Perlawanan rakyat Indonesia terhadap Jepang


Perlawanan rakyat Indonesia terhadap Jepang
Dengan dibentuknya badan-badan seperti Putera, Heohi, dan Peta, Jepang berharap abdan-badan itu dapat membantu kekuatan militer Jepang dalam perang Asia Timur Raya. Tetapi badan itu bukannya membantu Jepang bahkan sebaliknya mereka melawan karena sudah tidak tahan dengan kekejaman Jepang, akhirnya meletuslah pertempuran melawan Jepang, diantaranya sebagai berikut.

Di Aceh (Cot Plieng) terjadi pemberontakan yang dipimpin oleh Tengku Abdul Jalil yang terjadi pada tanggal 10 November 1942. Pemberontakan ini dapat dikalahkan oleh Jepang karena secara licik Jepang dapat membunuh Tengku Abdul Jalil ketika sedang sholat. Bulan November 1944, timbul pemberontokan dari tentara Peta di desa Lohbener yang dipimpin oleh Tengku Abdul Hamid. Pada pemberontakan ini, Tengku Abdul Hamid menyerah kepada tentara Jepang karena Jepang akan membunuh seluruh sanak keluarganya, Dengan ancaman itu akhirnya Tengku Abdul Hamid menyerah kepada Jepang.

Di Singaparna Tasikmalaya, Jawa Barat, pemberontakan terhadap Jepang dipimpin oleh K.H Zainal Mustaffa. Beliau adalah tokoh yang menentang pelaksanaan Seikerei (suatu cara memberi hormat ala Jepang dengan menundukkan kepala ke arah matahari terbit). Ia menganggap perbuatan tersebut bertentangan dengan ajaran agama Islam, karena telah merubah arah kiblat. Pemberontakan ini terjadi pada tanggal 25 Februari 1944. Pertempuran berkobar dengan sengit, banya korban yang jatuh dari kedua belah pihak. Pemberontakan ini dapat dipadamkan oleh Jepang karena Jepang memakai senjata modern sedangkan rakyat Singaparna hanya menggunakan senjata sederhana seperti bambu runcing, parang, dan lain-lain.

Di Blitar, tentara Peta di bawah pimpinan Supriyadi mengadakan pemberontakan pada tanggal 14 Februari 1945, tetapi karena persnjataan Jepang sudah modern pada akhirnya pemberontakan Peta dapat dikalahkan.

Sekian penjelasannya terkait Perlawanan rakyat Indonesia terhadao Jeoang. Semoga bermanfaat. Terimakasih."Perlawanan rakyat Indonesia terhadap Jepang" 


 

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.