May 30, 2016

Apa pengertian dari Rotasi Bumi ?

Hari ini, kami akan memberikan sebuah artikel tentang Rotasi Bumi. Berikut penjelasannya untuk anda:
Rotasi
Rotasi bumi adalah perputaran bumi pada porosnya, dengan arah perputaran dari barat ke timur. Masa rotasi bumi pada sumbunya dalam hubungannya dengan matahari memerlukan waktu 23 jam, 56 menit dan 4.091 detik (24 jam)

Berikut ini beberapa pengaruh rotasi bumi.
Peredaran Semu
Setipa hari kita mengamati peredaran matahari dan benda-benda langit melintas dari timur ke barat. Pergerakan matahari dan benda-benda langit  dari timur ke barat disebut sebagai peredaran semu harian benda langit

Pergantian Siang dan Malam
Belahan bumi yang terkena sinar matahari mengalami siang, sebaliknya yang tidak terkena sinar matahari mengalami malam.

Perbedaan Waktu
Garis bujur adalah garis khayal yang sejajar dengan garis dari kutub utara ke kutub selatan. Perbedaan tempat-tempat yang berbeda bujur 1 derajat akan berbeda 4 menit (360 derajat:1440 menit) atau berbeda 1 jam dalam 15 derajat garis bujur (360 derajat:24 jam). Pembagian waktu berdasarkan garis bujur ditetapkan dengan acuan garis bujur 0 derajat yang melintas di kota Greenwich. Setiap 15 derajat garis bujur, waktunya berbeda 1 jam. Di sebelah barat kota Greenwich akan lebih lambat 1 jam, sementara itu di sebelah timurnya akan lebih cepat 1 jam.

Perbedaan Percepatan Gravitasi di Permukaan Bumi
Bumi pepat pada kedua kutubnya dan mengembang pada bagian equatornya. Hal ini mengakibatkan gravitasi di kutub lebih besar daripada di equator.

Pembelokan Arah Angin
Perhatikan gamabr disamping! Angin bertiup dari daerah bertekanan tinggi ke daerah bertekanan rendah. Meskipun demikian arah angin tidak sama persis dengan arah gradien tekanan, hal ini disebabkan adanya efek gaya Coriolis pada angin. Gaya Coriolis adalah gaya semu yang timbul akibat efek dua gerakan yaitu gerkan rotasi dan gerak benda relatif bumi.







Pemblokan Arus Laut
Arus laut pada umumnya disebabkan oleh angin yang betiup di permukaan. Seperti halnya arah angin, arah arus laut juga disimpangkan oleh rotasi bumi. Arus laut dipaksa membelok ketika sampai di belahan bumi utara dan belahan bumi selatan.

Demikian penjelasannya tentang rotasi bumi. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.