May 30, 2016

Apa pengertian dari Revolusi Bumi ?

Hari ini, kami akan memberikan sebuah penjelasan tentang revolusi bumi. Berikut penjelasannya untuk anda:
Revolusi Bumi
Revolusi bumi merupakan gerak bumi pada orbitnya mengelilingi matahari. Bidang orbit bumi mengelilingi matahari disebut ekliptika. Selama mengitari matahari, poros bumi selalu miring 23,5 derajat terhadap garis yang tegak lurus.

Berikut ini beberapa pengaruh revolusi bumi.
Gerak Semu Tahunan Matahari
Gerak semu tahunan matahari selama 6 bulan ke arah utara dan 6 bulan kearah selatan. Gerak semu tahunan Matahari di khatulistiwa bolak-balik antara 23,5 derajat lintang utara dan lintang selatan setiap tahun.

Perubahan Lamanya Siang dan Malam
Pada tanggal 21 Maret dan 23 Semptember setiap tahun, semua tempat di bumi mengalami siang dan malam hari sama panjang, yaitu 12 jam. Ini karena semua tempat mendapat sinar matahari selama 12 jam dan tidak mendapatkan pula selama 12 jam. Tanggal 12 Juni ketika Matahari ada pada kedudukan paling utara, yakni 23,5 derajat lintang utara, belahan bumi utara mengalami siang lebih panjang daripada malam. Sebaliknya, di belahan bumi selatan, lamanya siang akan lebih pendek daripada malam. Daerah di dalam lingkaran kutub utara mendapat sinar Matahari selama 24 jam, sehingga siang akan terjadi secara terus-menerus selama 6 bulan. Sebaliknya, di daerah lingkaran kutub selatan tidak mendapat sinar matahari selama 6 bulan sehingga malam terjadi secara terus-menerus.

Pergantian Musim
Revolusi bumi dan kemiringan poros bumi terhadap ekliptika mengakibatkan terjadinya pergantian musim di daerah iklim sedang.

Demikian penjelasannya terkait revolusi bumi. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.