May 29, 2016

Faktor yang Mempengaruhi Distribusi

Hari ini, kami akan memberikan sebuah informasi tentang faktor yang mempengaruhi distribusi. Berikut penjelasannya untuk anda:

Sifat barang : Tahan lama ataukah cepat rusak
Barang yang cepat rusak disalurkan dengan menempuh saluran distribusi pendek. Sedangkan barang yang tahan lama bisa disalurkan dengan saluran panjang.

Luas daerah Pemasaran : Menyebar ataukah Memusat
Jika letak konsumen menyebar, saluran distribusi cenderung semakin panjang. Sebaliknya, jika letak konsumen memusat, saluran distribusi cenderung memendek.

Jumlah Barang yang dihasilkan : Banyak atau sedikit
Semakin besar jumlah barang yang dihasilkan, semakin meluas pemasaran barang tersebut, maka saluran distribusi cenderung memanjang. Sebaliknya, semakin keciljumlah barang yang dihasilkan, maka konsumen yang diraihpun sedikit. Akibatnya saluran distribusii cenderung memendek.

Sarana Komunikasi dan Angkutan Tersedia : Memadai atau Terbatas
Apabila sarana komunikasi dan angkutan tersedia, maka saluran distribusi memanjang. Sebaliknya apabila sarana komunikasi amat terbatas, maka saluran distribusi cenderung memendek.

Biaya Pengangkutan : Mahal ataukah Murah
Apabila biaya pengangkutan mahal, maka jangkauan pemasaran suatu hasil produksi cenderung lebih dekat. Biaya pengangkutan yang mahal mengakibatkan saluran distribusi cenderung pendek. Sebaliknya, biaya pengangkutan yang murah mengakibatkan saluran distribusi cenderung panjang.

Sekian penjelasannya dari kami. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.