May 15, 2016

Cara Peningkatan Hasil Produksi Artikel IPS Ekonomi

Hari ini, kami akan memberikn sebuah materi tentang bagaimana cara meningkatkan hasil produksi. Berikut penjelasannya untuk anda:

Cara Peningkatan Hasil Produksi
Intensifikasi 
Intensifikasi dapat dilakukan dengan meningkatkan kemampuan faktor-faktor produksi yang ada. Contoh dalam bidang pertanian, upaya peningkatan hasil pertanian tidak dilakukan dengan menambah lahan tetapi dilakukan dengan

  • Memilih bibit padi yang unggul sesuai dengan kondisi tanah dan iklim
  • Menentukan umur yang paling tepat untuk menanam bibit
  • Menentukan saat yang tepat untuk pemupukan
Ekstensifikasi
Yaitu usaha peningkatan hasil produksi dengan menambah jumlah faktor-faktor produksi yang ada. Contoh:
  • Menambah jumlah tenaga kerja
  • Mendirikan unit-unit baru
  • Menambah mesin baru
Diversifikasi
Yaitu peningkatan hasil produksi yang dilakukan dengan menganekaragamkan produk. Kegiatan ini dapat dilakukan melalui penambahan variasi produk. Misalnya perusahaan sepatu yang melakukan penganekaragaman produk dengan memproduksi sandal.

Spesialisasi
Yaitu peningkatan hasil produksi yang dilakukan dengan menkhususkan dan memfokuskan hasil produksi. Hal ini dapat dilakukan dengan pembagian kerja sesuai dengan keahlian tenaga kerja. Misalnya perusahaan percetakan membagi menejemen menjadi beberapa bagian yaitu devisi produksi, pemasaran, dan sumber daya manusia 

Otomatisasi
Yaitu peningkatan hasil produksi yang dilakukan dengan pemakaian peralatan dan mesin modern dalam proses produksi. Peningkatan produksi secara otomatisasi diharapkan akan meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi. Misalnya perusahaan pembuat roti membeli mesin pengaduk untuk menggantikan tenaga pengaduk.

Sekian penjelasannya tentang bagaimana cara meningkatkan hasil produksi. Semoga bermanfaat.


Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.