February 22, 2016

Macam Macam Wali Nikah dan Penjelasanya

loading...
Hari ini kami akan memberikan artikel mengenai Fiqih Agama islam, artikel ini kami berijudul "Macam Macam Wali Nikah dan Penjelasanya" Di artikel ini kami akan menjelaskan mengenai macam macam wali nikah serta penjelasanya. berikut adalah artikelnya untuk anda.

Macam Macam Wali Nikah dan Penjelasanya
Macam Macam Wali Nikah dan Penjelasanya


Macam Macam Wali Nikah dan Penjelasanya

Di tinjau dari hak perwalian, dalam hukum fiqih terdapat 3 macam wali, yakni wali nasab, wali hakim, dan orang yang memerdekakan budak. Sedangkan ditinjau dari keberadaan perwalian, terdapat 3 macam lagi yaitu wali mujbir, wali gaib, dan wali adal.

Berikut adalah penjelasanya :

A. Wali Nasab 

Apa yang dimaksud wali nasab ? Wali nasab adalah wali yang didasarkan pada adanya hubungan darah kekerabatan. Wali nasab terdiri dari 4 kelompok dalam urutan kedudukan. Kelompok yang satu didahulukan dari kelompok yang lain sesuai dengan kedekatan susunan kekerabatan dengan calon mempelai wanita. Keempat kelompok itu adalah :

  1. Kelompok kerabat laki laki garis lurus ke atas, yakni ayah, kakek dari pihak ayah dan seterusnya. 
  2. Kelompok kerabat saudara laki laki kandung atau seayah dan keturunan laki laki mereka.
  3. Kelompok kerabat paman, yaitu saudara laki laki kandung ayah atau saudara laki laki seayah dari ayah keturunan laki laki mereka.
  4. Kelompok saudara laki laki kandung kakek, saudara laki laki seayah kakek dan keturunan laki laki mereka.
Jika dalam satu kelompok itu terdapat beberapa orang, maka yang paling berhak menjadi wali ialah yang lebih dekat derajat kekerabatanya dengan calon mempelai wanita. Demikian juga jika wali nikah yang paling berhak berdasarkan urutannya ternyata tidak memenuhi syarat sebagai wali nikah, misalnya masih belum dewasa, atau menderita tuna wicara, tuna rungu ataupun sudah uzur, maka hak untuk menjadi wali bergeser kepada wali nikah yang lain menurut derajat berikutnya.

B. Wali karena memerdekakan Budak

Sudah tentu wali ini sudah sangat jarang, apa lagi di negara kita (indonesia) sudah tidak ada lagi, namun sebagian ajaran normatif tetap perlu dibutuhkan. Orang yang memerdekakan budak berhak menjadi wali dari budak perempuan yang telah dimerdekakanya.

C. Wali adal

Apa yang dimaksud dengan wali adal ? Wali adal adalah wali nasab yang enggan atau menolak untuk menikahkan wanita yang perwaliannya dalam tanggung jawabnya. Jika wali nasab enggan menikahkan, maka wali hakmi dapat bertindak  sebagai wali nikah setelah mendapatkan putusan dari pengadilan agama.

D. Wali hakim

Apa yang dimaksud dengan wali hakim ? wali hakim adalah wali nikah yang ditunjuk pemerintah ataupun pejabat yang terkait, yang diberi hak dan kewenangan untuk bertindak sebagai wali nikah. Penjelasanya Wali hakim digunakan jika wali nasab tidak ada, tidak mungkin untuk menghadirkannya, tidak diketahui tempat tinggalnya (gaib), atau karena mereka enggan (adal)

E. Wali Mujbir

Apa yang dimaksud dengan wali mujbir ? wali mujbir adalah wali yang dengan syarat tertentu mempunyai hak untuk menikahkan perempuan yang diwakilkannya tanpa lebih dulu meminta izin kepada perempuan tersebut. Arti dari mujbir adalah memaksa.

F. Wali Gaib

Wali gaib pada dasarnya adalah wali nasab NAMUN tidak diketahui tempat tinggalnya sehingga tidak mungkin untukmenghadirkannya dalam akad nikah.


Terimakasih sekiana artikel kami dengan judul "Macam Macam Wali Nikah dan Penjelasanya" Semoga artikel kami bermanfaat bagi anda. mohon maaf jika ada kesalahan dari artikel ini.
loading...

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.

loading...