February 8, 2016

Ciri Ciri dan Reproduksi Pteridophyta (Tumbuhan Paku)

Lama  sudah tidak update lagi, kami hari ini akan mengupdate dan mengepost sebuah artikel biologi, judul artikel yang kami berikan ini adalah  "Ciri Ciri dan Reproduksi Pteridophyta (Paku)" Di artikel ini saya akan menjelaskan mengenai ciri ciri apasaja yang terdapat dalam tumbuhan paku (Pteridophyta) serta gambar reproduksinya. Berikut adalah penjelasanya.

Ciri Ciri dan Reproduksi Pteridophyta


Dilansir dari Wikipedia , yang dimaksud dari Pteridophyta  / tumbuhan paku adalah sekelompok tumbuhan dengan sistem pembuluh sejati (Tracheophyta) tetapi tidak pernah menghasilkan biji untuk reproduksi seksualnya. (wikipedia.org)

Mari kita langsung saja membahas ciri ciri apa saja yang terdapat Pteridophyta (Paku), berikut adalah ciri cirinya :

Ciri Ciri Pteridophyta (Tmbuhan Paku)


  1. Yang pertama, ciri dari tumbuhan paku, merupakan tumbuhan kormophyta berspora dan dilihat dari pembuluhnya merupakan tumbuhan tracheophyta. 
  2. Ada dua generasi yang hidup secara terpisah, yakni fase sporofit (penghasil spora) yang berisfat dominan dan fase Gametofit (penghasil gamet). Tumbuhan paku yang biasanya menjadi tanaman hias merupakan fase sporofit.
  3. Tumbuhan pakumenghasilkan spora di daun (sporofil) pada struktur yang disebut sorus.
  4. mempunyai batang berupa akar tinggal (rhizoma) yang terdapat di dalam tanah.
  5. Umumnya memiliki batang yang berbeda dalam tanah (rhizoma) dan memiliki akar semu yang disebut rhizoid . Serta daun muda yang baru muncul tampak menggulung. 

Setelah kami menjelaskan apa saja ciri ciri dari tumbuhan paku, selanjutnya adalah bagaimana reproduksi dari tumbuhan paku.

Reproduksi tumbuhan paku ( Pteridophyta ) 

 Secara aseksual bereproduksi dengan menghasilkan spora. Sedangkan secara seksual terjadi dengan peleburan gamet jantan yang dihasilakn anteridium dan gamet berina yang dihasilkan arkegonium 

Tumbuhan paku mengalami pergiliran keturunan (metagenesis) antara fase gametofit dan sporofit  seperti gambar skema di bawah ini :

Gambar SKEMA REPRODUKSI TUMBUHAN PAKU Pteridophyta
GAMBAR SKEMA REPRODUKSI TUMBUHAN PAKU Pteridophyta



Oke sekian artikel dari kemi dengan judul "Ciri Ciri dan Reproduksi Pteridophyta "  Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, artikel ini bersumber dari buku SPM biologi serta wikipedia, terimakasih. Silahkan membaca artikel menarik lainya dari kami :) , mohon maaf jika ada kesalahan kata di artikel ini.  

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.