January 9, 2016

Penyakit Pada Sistem Reproduksi Manusia dan Penjelasanya

Assalamualaikum hari ini saya akan memposting artikel biologi dengan judul "Penyakit Pada Sistem Reproduksi Manusia dan Penjelasanya" Di artikel ini saya akan memberikan penjelasan mengenai Macam macam penyakit yang terdapat pada sistem reproduksi Manusia , artikel ini merupakan artikel pelajaran materi kelas 9. Berikut adalah artikelnya semoga bermanfaat.


Penyakit Pada Sistem Reproduksi Manusia dan Penjelasanya
Penyakit Pada Sistem Reproduksi Manusia dan Penjelasanya


Penyakit Pada Sistem Reproduksi Manusia dan Penjelasanya


Berikut adalah beberapa penyakit yang terdapat pada sistem repsroduksi manusia :

1. Aids 

AIDS (Acquired  Immunodeficiency Syndrome) , Siapa yang tidak mengenal penyakit ini memang penyakit ini merupakan penyakit yang umunya terdapat pada manusia yang disebabkan adanya virus, Acquired berarti diperoleh, Immuno Deficiency berarti kekebalan yang rapuh dan Syndrom berarti penyakit, sehingga pengidap AIDS mudah sekali terserang penyakit yang berbahaya. Berikut adalah Penyebab dari AIDS dan Penularanya.

    • Penyebab AIDS
        Aids disebabkan oleh virus, nama dari virus tersebut adalah HIV (Human Immuno Deficiency Virus), virus ini menyerang sel darah putih tertentu, dimana sel darah putih berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh yaitu menangkal infeksi atau serangan penyakit terhadap tubuh. Apabila virus HIV bersarang dalan sel darah putih dan merusak sel darah putih maka tubuh akan menjadi lemah dan mudah terserang penyakit.

         Pada awalnya, orang yang terinfeksi HIV ini tampak seperti orang yang sehat dan tidak memperlihatkan gejala gejala tertentu. Fase ini dapat terjadi selama 5 sampai 7 tahun, tergantung dari kekebalan tubuh si penderita. Pada tahap selanjutnya, akan muncul gejala awaql seperti hilangnya selera makan, tubuh terasa lemas, dan badan berkeringat secara berlebihan pada malam hari. Kemudian akan timbul bercak bercak di kulit, terjadi pembengkakan kelenjar getah bening, mengalami diare terus menerus, serta flu yang tidak sembuh sembuh. Fase ini berlangsung 6 bulan sampai 2 tahun.

        Tahap terakhir atau fase AIDS akan terdiagnosa setelah kekebalan tubuh sudah sangat berkurang. Pada tahap ini biasanya penderita mudah terserang penyakit TBC, pneumonia, herpes, gangguan saraf, dan sebagainya. Kejadian ini berlangsung 3 sampai 6 bulan. Untuk mengetahui apakah seseorang dinyatakan positif menderita AIDS, harus dilakukan pemeriksaan laboraturium terhadap banyaknya jumlah sel T pada darahnya.

    • Penularan AIDS
      Bila tadi sudah penyebab dari aids, berikut adalah mengapa virus HIV dapat masuk ke tubuh  orang lain, dan bagaimana penularanya. Virus HIV dapat berpindah pindah dari seseorang ke orang lain atau dengan kata lain yaitu penyakit AIDS dapat menular. Penularan AIDS tidak menyebar melalui udara, atau karena berjabat tangan dengan penderita AIDS juga tidak menular melalui peralatan makan penderita AIDS. Tetapi virus HIV dapat menular masuk ke tubuh orang lain melalui transfusi darah (DOnor Darah seseorang yang terinfeksi HIV) atau melalui alat alat yang menyebabkan luka, seperti jarum suntik, jarum infus, dan dapat juga melalui kontak seksual.

    • Pencegahanya
      Memang sampai saat ini belum ditemukan cara pengobatan yang efektif pada penderita AIDS, oleh karena itu akan lebih baik bila kita berusaha menghindari penyakit ini dengan cara mencegah penularan virus HIV, antara lain :

      1.  Memeriksa darah sebelum transfusi darah, sehinggga darah dapat dipastikan tidak terinfeksi virus HIV.
      2. menggunakan jarum suntik yang steril dan jarum yang sekali pakai lalu dibuang dengan benar.
      3. Menghindari hubungan seks bebas dengan orang yang menderita penyakit ini (AIDS)
      4. Menghindari hubungan seks dengan orang yang pecandu narkoba
      5. Hanya melakukan kontak seksual dengan pasangannya yang sah serta terhindar dari virus ini. 
       

2. Sifilis

Selanjutnya adalah penyakit sifilis, Sifilis disebabkan oleh sejenis bakteri Treponema pallidium, bakteri ini bisa ditularkan melalui kontak seksual, namun demikian bakteri ini juga dapat ditularkan melalui jalan lain, misalnya bayi yang dilahirkan dari si ibu pendirita sifilis. Penyakit ini akan ditandai dengan adanya luka pada alat kelamin dan jika tidak segera diobati bakteri dapat merusak sel otak, melumpuhkan tulang atau merusak jantung dan pembuluh darah.


3. Gonorea (Kencing Nanah)

Selanjutnya adalah Gonorea, penyakit ini disebabkan oleh bakteri, nama bakteri dari penyakit gonorea adalah bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini dapat ditularkan melalui kontak seksual. Penderita gonoroe akan merasakan sakit saat urinasi (Buang Air Kecil), kadang kadang urine mengeluarkan nanah, jika penderita gonoroea tidak diobati maka dapat merusak saluran reproduksi yaitu saluran sperma pada pria dan saluran tuba falopii pada wanita sehingga dapat mengakibatkan kemandulan.



BACA JUGA : Sejarah Penemuan Virus Lengkap

4. Klamidia

Penyakit klamidia disebabkan juga oleh bakteri, nama bakteri pada penyakit klamidia adalah bakteri Chlamidia trachomatis. Kadang penyakit ini timbul tanpa gejala, dengan gejala pada laki laki biasanya terasa sakit ketika buang air kecil dan pembengkakan pada alat repoduksi pria. Sedangkan pada wanita kadang terdapat bercak darah di luar masa menstruasi. Karena penyakit tersebut merupakan penyakit yang berbahaya maka lebih baik mencegah dari pada mengobatinya. Lalu bagaimana mencegah tubuh kita dari penyakit Klamidia ini ? Berikut adalah Cara pencegahannya antara lain :
  • Menghindari hubungan seksual di luar perkawinan
  • Memberikan penerangan mengenai bahaya bahaya penyakit kelamin dan cara pencegahannya 
  • Menjaga kesehatan sistem reproduksi , dengan cara yaitu :
    1. Sering mengganti pembalut pada wanita yang sedang menstruasi.
    2. Setelah buang air kecil selalu membasuh alat kelamin. 
     

5. Herpes Genetalis

Penyakit yang saya jelaskan terakhir ini adalah Herpes Genetalis, Herpes genetalis ini disebabkan oleh virus. Virus penyebab penyakit herpes genetalis adalah Herpes simpleks. gejala penyakit herpes genetalis ini, antara lain timbulnya rasa gatal atau sakit pada daerah kelamin dan adanya luka yang terbuka atau lepuhan berair.



Terimaksih sekian artikel kami dengan judul   Penyakit Pada Sistem Reproduksi Manusia dan Penjelasanya Semoga artikel kami ini bermanfaat bagi anda, semoga kita semua terhindar dari penyakit tersebut. Artikel ini hanya menjadi sumber informasi bagi anda semua. Mohon maaf jika ada kesalahan kata diartikel yang kami berikan ini. Bila ada kesalahan kata ataukekurangan silahkan berkomentar di bawah artikel ini terimakasih.

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.