January 27, 2016

Pengertian dan Struktur Teks Prosedur Kompleks

Karena jarang sekali menulis artikel karena di 2016 ini ada kesibukan tertentu, kami mohon maaf. Untuk itu kami hari ini akan memposting artikel bahasa indoensia yang berjudul "Pengertian dan Struktur Teks Prosedur Kompleks" Di artikel ini saya akan memberikan Pengertian dari struktur Prosedur kompleks serta struktur dari prosedur kompleks. Apa pengertian serta strukturnya ? berikut adalah aritikelnya.

Pengertian dan Struktur Teks Prosedur Kompleks.png
Pengertian dan Struktur Teks Prosedur Kompleks.png

Pengertian dari Teks Prosedur kompleks

Di ambil dari salah satu buku pelajaran bahasa indonesia, pengertian dari teks prosedur kompleks adalah Teks yang berisi langkah langkah menyelesaikan sesuatu . Dalam pengertian tersebut kita mendapat 2 kata yakni langkah langkah  dan menyelesaikan sesuatu. Dalam praktiknya,langkah langkah ini berkaitan dengan cara, proses, urutan kerja, atau tahap demi tahap mengerjakan sesuatu.


Seperti itulah pengertian dari teks prosedur kompleks, lalu selanjutnya adalah struktur dari teks prosedur kompleks. Bagaimana struktur dari teks prosedur kompleks ? berikut.


Struktur dari teks prosedur kompleks

Struktur dari teks prosedur kompleks.

  1. Pembuka
    Bagian ini berisi penjelasan sesuatu yang akan diselesaikan. Penjelasan tersebut dapat berupa pengertian, jenis jenis, fungsi, tujuan, dan lainya.
  2. Isi
    Selanjutnya adalah isi, Bagian ini berisi cara, proses, urutan kerja, tahap demi tahap, atau langkah langkah mengerjakan sesuatu.
  3. Penutup
    Lalu struktur teks prosedur yang terakhir adalah penutup, bagian ini hanya beiris kata kata yang menunjukkan bahwa teks sudah selesai atau dapat berupa ucapan selamat mencoba, semoga bermanfaat, ataupun lainya. 

Teks prosedur kompleks ini juga merupakan salah satu pola pengembangan dari eksposisi. Oleh karena itu, jika di perhatikan, struktur dari teks prosedur ini memiliki kesamaan dengan teks eksposisi, yaitu bersifat menjelaskan. Untuk perbedaanya terdapat pada panjang teks prosedur yang di tulis yaitu maksimal 1-2 halaman.


Terimakasih sekian artikel dari saya dengan judul "Pengertian dan Struktur Teks Prosedur Kompleks" Artikel ini kami referensikan dari buku bahasa indoensia mandiri  kelas x.

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.