January 1, 2016

Beberapa Jenis Jenis Cek (Surat Perintah Nasabah ke bank)

Hari ini di tahun 2016 ini saya aan memposting sebuah artikel mengenai Ekonomi , artikel ini berjudul "Jenis Jenis Cek (surat Perintah Nasabah ke bank)" Di artikel ini saya akan menjelaskan mengenai beberapa jenis cek (Surat perintah dari nasabah ke bank). 

Beberapa Jenis Jenis Cek
Beberapa Jenis Jenis Cek


Sebelum anda mengetahui beberapa jenis cek, anda harus mengetahui penjelasan mengenai apa itu cek, untuk mengetahui tentang Cek anda bisa mengetahui artikel tentang cek di sini : Pengertian Cek dan Cara mengisi Cek .

 Berikut merupakan beberapa jenis dari cek :

Beberapa Jenis Jenis Cek

Ada beberapa jenis cek, diantaranya sebagai berikut :

A. Cek atas nama

Apa yang dimaksud dengan Cek atas nama ? Cek atas nama yaitu cek yang ditunjukkan kepada orang yang namanya tercantum dalam cek tersebut. Jika pada kolom " Bayarlah kepada" diisi nama perorangan atau perusahaan dan perkataan "Atau pembawa" dicoret, terhadap cek  jenis ini bank akan membayarkan kepada orang ata badan usaha yang namanya tertera di atas cek tersebut.

Contoh :
Atas Penyerahan cek ini bayarlah kepada daniel (Nama orang)

B. Cek Atas Unjuk (Pembawa) 

Cek atas unjuk atau pembawa yaitu cek yang tidak ditunjukan kepada seseorang atau cek yang nama penerimanya tidak ditulis. Jika pada kolom 'bayarlah kepada' tidak diisi dan perakataan 'atau pembawa' tidak dicoret, terhadap  cek jenis ini bank akan membayarkan kepada siapa saja yang membawa, menunjukkan, dan menguangkan cek tersebut.

Contoh :
Atas penyerahan cek ini bayarlah kepada ..... atau pembawa


C. Cek Atas Unjuk atau Atas Nama (Campuran) 

Jika pada kolom ' bayarlah kepada' diisi nama perorangan atau perusahaan dan perkataan 'atau pembawa' tidak dicoret maka bank akan memperlakukan cek jenis ini sebagai cek atas rujukan atau pembawa.

Contoh :

Atas Penyerahan cek ini bayarlah kepada Danial (nama orang) atau pembawa

D. Cek silang (Crossed Check) 

Jika pada ujung atas sebelah kiri halaman muka cek diberi tanda dua garis miring sejajar, terhadap cek jenis ini pembayaran tidak dapat dilakukan secara tunai tetapi harus melalui pemindah bukuan.

Contoh :

Atas penyerahan cek ini bayarlah kepada ... atau pembawa.

Cek silang ini terbagi menjadi dua yaitu Cek silang umum  dan cek silang khusus. Apabila diantara dua garis miring sejajar tidak disebutkan nama bank, maka cek ini dapat dipindahbukukan pada rekening nasabah yang menyerahkan cek itu di bank mana saja.

Namun, jika diantara dua garis miring sejajar itu disebutkan nama bank, maka ce jenis ini hanya dapat dipindahbukukan pada bank yang namanya tertulis di antara garis silang tersebut. Cek jenis itu disebut cek silang khusus.


E. Travellers Check

Travellers Check (TC) merupakan cek yang dikeluarkan leh bank atau badan yang berwewenang dalam bentuk pcahan (jumlah trtentu) dan biasanya digunakan oleh para wisatawan.

Fungsi dari travellers check ini adalaha sebagai pengganti uang tunai yang dibawa pada saat berpergian, terutama ke luar negeri. Jelas bahwa penggunaan travellers check lebih aman daripada uang tunai.



Terimakasih sekian artikel kami dengan judul "Beberapa Jenis Jenis Cek (Surat Perintah Nasabah ke bank)" Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jangan lupa untuk share dan membaca artikel lainya di gerbangilmu.

3 Comments

Click here for comments
January 5, 2016 at 8:32 AM ×

Terimakasih artikel tentang Beberapa Jenis Jenis Cek (Surat Perintah Nasabah ke bank)

Reply
avatar
Arnaz Raihan
admin
February 20, 2016 at 3:17 PM ×

terimakasih informasinya sangat penting baca juga blog saya->
http://topipelajar.blogspot.co.id/2016/02/manfaat-buah-busuk-sebagai-batrai.html

Reply
avatar

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.