December 3, 2015

Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup

Hari ini saya akan memberikan sebuah artikel yang berjudul "Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup". Di artikel ini, saya akan memberikan penjelasan tentang sistem klasifikasi makhluk hidup, tingkatan takson tumbuhan dan tingkatan takson hewan. Berikut ini artikelnya untuk anda:

Baca Juga : 

 

Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup

Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup
Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup

Klasifikasi makhluk hidup merupakan suatu cara untuk memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu yang disebut takson. Ilmu yang mempelajarinya dinamakan taksonomi. Cara penyusunan takson-takson disebut klasifikasi. Dalam taksonomi, selain melakukan klasifikasi, para ahli juga melakukan identifikasi atau determinasi. Untuk melakukan determinasi ini para ahli menggunakan kunci identifikasi atau kunci determinasi.

Tingkatan Takson Tumbuhan

Kingdom
Divisio
Classis
Ordo
Familia
Genus
Spesies

  • Kingdom: Kingdom adalah tingkatan paling atas dari tingkatan klasifikasi makhluk hidup.
  • Divisio: Divisio atau divisi istilah yang sama dengan filum. Divisio dipakai dalam taksonomi untuk kerajaan tumbuhan dan fungi
  • Classis: Kelas atau Classis adalah suatu tingkat atau takson dalam klasifikasi hewan dan tumbuhan dalam biologi. Contohnya, spematophyta adalah kelas dari pakis haji (cycadophyta)
  • Ordo: Ordo atau bangsa adalah suatu tingkat atau takson antara kelas dan famillia. Contohnya, Poales adalah ordo dari familia gramineae (padi)
  • Familia: Familia adalah suatu takson yang berada diantara ordo dan genus yang memiliki kekerabatan dekat dan memiliki banyak persamaan. Contohnya, Gramineae (rumput-rumputan), Araceae (tals-talasan)
  • Genus: Genus adalah tingkatan takson yang berada satu diatas spesies. Genus terdiri atas beberapa spesies yang memiliki ciri-ciri tertentu yang sama. Contohnya: Oryza (padi)
  • Spesies: Spesies adalah tingkatan takson yang paling rendah. Contohnya: Jasminus sambac (Melati Putih), Cananga odorata (Kenanga)

Tingkatan Takson Hewan

Kingdom
Filum
Classis
Ordo
Familia
Genus
Spesies
  • Kingdom: Kingdom adalah tingkatan paling atas dari tingkatan klasifikasi makhluk hidup
  • Filum: Filum dengan divisio. Filum tingkatannya dibawah kingdom. Hewan yang pengelompokannya mempertimbangkan ciri-ciri dan struktur serta keturunan evolusi pada suatu organisme. Contohnya: Mollusca, Porifera, Nematoda, Platyhelminthes, Annelida, Arthropod, Echinodermata, dan Chordata
  • Classis: Kelas atau Classis adalah suatu tingkat atau takson dalam klasifikasi hewan dan tumbuhan dalam biologi. Contohnya, spematophyta adalah kelas dari pakis haji (cycadophyta)
  • Ordo: Ordo atau bangsa adalah suatu tingkat atau takson antara kelas dan famillia. Contohnya: Mamalia, Amphibi, Reptil
  • Familia: Familia adalah suatu takson yang berada diantara ordo dan genus yang memiliki kekerabatan dekat dan memiliki banyak persamaan. Contohnya: Canidae (Keluarga Anjing, Falidae (Keluarga kucing)
  • Genus: Genus adalah tingkatan takson yang berada satu diatas spesies. Genus terdiri atas beberapa spesies yang memiliki ciri-ciri tertentu yang sama. Contohnya: Naja (Ular)
  • Spesies: Spesies adalah tingkatan takson yang paling rendah. Contohnya: Naja haje (Ular Kobra)

Terimakasih telah mebaca artikel ini dengan judul "Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup" Semoga artikel yang kami berikan ini bermanfaat bagi anda,jangan lupa untuk selalu membaca artikel gerbangilmu.

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.