December 27, 2015

Ringkasan Adaptasi Morfologi Pada Tumbuhan

Hai guys , di liburan ini saya akan memposting sebuah artikel mengenai biologi dengan judul yaitu "Artikel Adaptasi Morfologi Pada Tumbuhan" Di artikel ini saya akan menjelaskan mengenai adaptasi morfologi yang terdapat pada tumbuhan secara lengkap.

Baca Juga :

Sebelum anda menujju artikel ini, anda harus tahu apa itu Adaptasi Morfologi. Adaptasi Morfologi adalah Penyesuaian bntuk tubuh atau alat alat tubuh terhadap lingkungan untuk kelangsungan hidup jenisnya, yang berlangsung dalam kurun waktu yang relatif lama.

Ringkasan Adaptasi Morfologi Pada Tumbuhan


Dalam adaptasi morfologi terjadi perubahan bentuk alat alat tubuh tertentu sehingga suatu organisme dapat menyesuaikan dengan lingkunganya. Apabila dibandingkan dengan bentuk adaptasi yang lain, adaptasi morfologi lebih mudah untuk diamati, mengapa demikian ? karena pada umumnya terjadi pada alat tubuh bagian luar. Adaptasi morfologi bukan hanya dapat dilakukan pada tumbuhan saja, melainkan hewan pun juga dapat.

Adaptasi Morfologi Pada Tumbuhan

Berbagai jenis tumbuhan hidup pada habitat yang berbda. Ada beberapa jenis tumbuhan yang hidup di daerah kering, dan ada pula jenis jenis tumbuhan yang hidup di daerah lembab dan berair Oleh arena perbedaan tempat hidup mereka tersebut, maka bentuk penyesuaian yang dilakukn oleh tumbuhan pun berbeda.

Contohnya , tumbuhan yang hidup di daerah panas dan kering seperti kaktus atau biasa dinamakan tumbuhan xerofit. Agar kaktus dapat beradaptasi dengan lingkungan yang kering maka ia mempunyai daun yang kecil seperti jarum yan biasa dikenal sebagai duri . Duri itu merupakan daun yang telah berubah bentuk. Selain itu, seluruh permukaan tubuh dari kaktus dilapisi oleh lapisan lilin yang tebal. dengan daun yang kecl dan tubuhnya yang dilapisi oleh lapisan lilin tebal tersebut maka penguapan yang terlalu besar karena udara panas dapat di cegah oleh tanaman kaktus.

gambar tanaman kaktus adaptasi morfologi
gambar tanaman kaktus



Batang kaktus pada umumnya tebal, karena terdapat jaringan bunga karang (spons) yang dapat menyimpan air. Akar dari tanaman kaktus juga panjang, menyebar luas dan tumbuh secara horizontal. Sifat akar yang demikian dapat dipergunakan untuk menyerap air sebanyak banyaknya terutama pada saat persediaan air melimpah karena datangnya hujan. 

Tumbuhan xerofit yang lain adalah akasia. Pohon akasia dapat tumbuh di daerah yang kring karena akarnya dapat tumbuh di daerah yang kring karena akarnya dapat masuk dan menembus ke dalam tanah, sehingga dapat menyerap air dari bagian tanah yang sangat dalam. 


Ringkasan Adaptasi Morfologi Pada Tumbuhan Akasia
Ringkasan Adaptasi Morfologi Pada Tumbuhan Akasia



Tumbuhan hidrofit merupakan tumbuhan yang hidup di daerah yang lembap, seperti talas dan kaladium. Cara adaptasi morfologi pada kelumpok tumbuhan ini adalah dengan mempunyai bentuk daun yang lebar dan tipis sehingga mempercepat penguapan.

Pada tummbuhan hidrofit, yakni tumbuhan yang hidup di air, seperti eceng gndok, teratai, padi, kangkung air, dan paku air, adaptasi morfologinya dilakukan dengan memliki batang yang berongga untuk menyimpan udara, juga mempunyai daun yang tipis dan akarnya yang halus.


Ringkasan Adaptasi Morfologi Pada Tumbuhan teratai
Gambar Teratai


Rongga udara pada batang teratai berisi udara yang berfungsi menjada tumbuhan air tetap mengapun di dair. Pada teratai, daunnya tipis dan lebar yang berfungsi untuk mempercepat terjadinya penguapan sehingga dapat mengurangi kelebihan air di dalam tubuhnya.



Terimaksih sekian , trimakasih telah membaca artikel yang berjudul "Ringkasan Adaptasi Morfologi Pada Tumbuhan" Semoga artikel kami bermanfaat bagi anda. Mari baca artikel menarik lainya di gerbangilmu.com.

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.