December 30, 2015

Pengertian Cek dan Cara mengisi Cek

Hai, hari ini kami akan memberikan postingan seputar IPS Ekonomi dengan judul yaitu "Pengertian Cek dan Cara mengisi Cek " Di artikel ini kami akan menjelaskan Apa pengertian dari Cek (Apa itu Cek?) Serta menjelaskan Cara mengisi cek. Berikut adalah artikelnya untuk anda.


Pengertian Cek dan Cara mengisi Cek
Pengertian Cek dan Cara mengisi Cek

Apa Itu Cek ? 

Sebelum anda mengetahui bagaimana cara menggunakan atau mengisi cek , anda harus tahu dahulu mengenai Apa itu yang dinamakan cek. Cek adalah surat perintah dari nasabah kepada bank, dengan tujuan agar bank membayarkan sejumah uang kepada orang yang namanya tertulis pada cek tersebut, atau kepada (penunjuk)

Orang yang mempunyai rekening di bank dan menerima buku dari bank yang berangkutan disebut nasabah. Di dalam dunia perdagangan, cek merupakan surat berharga yang palin umum digunakan. Dengan demikian, cek dapat pula diartikan sebaai surat berharga yang mempunyai sifat sebagai alat pembayar, sehingga para pedagang umumnya ataupun orang orang uang terlibat dalam dunia usaha dapat merasakan cek sebagai uang tunai.

Cek memiliki batasan waktu penunjukan untuk dapat dibayarkan oleh bank, batasannya yaitu 70 hari dihitung dari tanggal penerbitannya.

Ciri ciri dari Cek yang benar

Setiap cek harus menyebutkan dengan jelas nomor seri, perkataan cek (check), perintah tidak bersyarat, jumlah uang yang harus dibayar, nama bank yang harus membayar, tempat pembayaran harus dilakukan, tanggal dan tempat cek dikeluarkan, serta tanda tangan penarik.

Pengertian Cek dan Cara mengisi Cek


Cara Mengisi cek . 

Berikut adalah cara mengisi cek yangg benar.
  • Menuliskan tempat atau kota dan tanggal
  • menuliskan nama orang yang akan menerima pembayaran
  • Menuliskan jumlah uang yang hendak dibayarkan dengan huruf.
  • Mencantumkan tanda tangan orang yang mengisinya.
  • Menuliskan jumlah uang dengan angka pada sudut kanan bawah.

Terimakasih sekian artikel kami dengan judul "Pengertian Cek dan Cara mengisi Cek " Semoga artikel kami bermanfaat bagi anda, jangan lupa share artikel ini lewat facebook dan google plus, karena dapat membantu kami dalam meningkatkan kualitas web ini. Terimakasih. 

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.