November 8, 2015

Struktur dan Kaidah Teks Anekdot

Hari ini kami akan memberikan sebuah artikel dengan judul "Struktur dan Kaidah Teks Anekdot" di artikel ini kami akan menjelaskan mengenai strukur dan kaidah apa saja di teks anekdot. Berikut adalah Struktur dan kaidah teks anekdot.

Baca Juga :

Sebelum anda mengetahui "Struktur dan Kaidah Teks Anekdot" anda harus mengerti mengenai Apa itu Anekdot. Anekdot adalah cerita singkat yang fiktif dan lucu tentang pribadi seorang tokoh atau beberapa tokoh yang benar benar ada. Dari definisi tersebut, kita mendapat beberapa kata kunci seperti cerita, fiktif,  lucu, dan pribadi seorang tokoh.

Karena berupa sebuah cerita, teks anekdot ini termasuk ke dalam gologan teks narasi. Terdapat 3 ciri teks utama narasi yakni : menggunakan tokoh, alur, serta latar. Dengan demikian, teks anekdot pun memiliki ketiga unsur tersebut.

Struktur dan Kaidah Teks Anekdot

Struktur Teks Anekdot :

1. Bentuk : Cerita singkat.
2. Tokoh : Manusia yang benar benar ada (faktual), baik yang terkenal maupun tidak.
3. Alur : Alur rapat (cepat selesai). Walaupun demikian, terdapat bagian awa sebagai pengantar, bagian isi, dan bagian akhir yang mengentak ( tingkat kelucuannya)
4. Latar : Tempat, waktu, atau suasana yang sesuai dengan kehidupan sehari hari (faktual)


Kaidah Teks Anekdot :

1. Sifat : Fiktif
2. Subtansi : Lucu
3. Objek Penceritaan : Pribadi seorang tkoh
4. Pesan : Menyindir, mengkritik, atau mengungkapkan kebenaran.


Terimakasih sekian artikel dari kami dengan judul "Struktur dan Kaidah Teks Anekdot" semoga bermanfaat bagi anda, jangan lupa untuk membaca artikel lainya seputar Bahasa indonesia di gerbangilmu. Artikel ini bersumber dari buku mandiri kelas 10, anda dapat membeli online . Mohon maaf jika ada kesalahan dari artikel yang kami berikan ini.

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.