November 26, 2015

Macam-Macam Sujud Di luar Shalat

loading...
Hari ini saya akan berbagi artikel dengan judul "Macam-Macam Sujud Di Luar Shalat" di artikel ini saya akan memberikan beberapa macam-macam sujud di luar shalat. Berikut ini artikelnya:


"Macam-Macam Sujud Di Luar Shalat"




Macam-Macam Sujud Di luar Shalat
Macam-Macam Sujud Di luar Shalat


A. Sujud Syukur


1. Pengertian

    Syukur menurut bahasa artinya berterimakasih. Dengan demikian sujud syukur ialah sujud terimakasih kepada Allah SWT. Menurut istilah, sujud syukur adalah sujud yang dilakukan apabila seseorang memperoleh kenikmatan dari Allah SWT atau terhindar dari suatu bahaya.


2. Dalil Sujud Syukur

    Hukum sujud syukur adalah sunnah. Sesuai Hadits sebagai berikut:

عَنْ أَبِي بَكْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا جَاءَهُ أَمْرَ يَسُرُّهُ خَرَّ سَاجِدًا ِللهِ. [رواه الخمسة إلا النسائى].


Artinya: "Dari Abi Bakrah bahwa Nabi Muhammad SAW apabila mendapatkan sesuatu yang disenangi atau diberi kabar gembira, segeralah tunduk dan sujud sebagai tanda syukur kepada Allah Ta'ala".(H.R. Abu Daud, Ibnu Majjah dan Tirmidzi)


3. Sebab-Sebab Melakukan Sujud Syukur
  •     Karena mendapatkan nikmat dari Allah SWT.
  •     Karena terhindar dari bahaya (kesusahan yang besar)
  •     Mendapatkan berita yang menggembirakan

4. Syarat Sujud Syukur

  •     Suci dari hadats dan najis
  •     Menutup aurat
  •     Menghadap kiblat

5. Rukun Sujud Syukur


  •     Niat
  •     Takbiratul Ikhram
  •     Sujud satu kali
  •     Memberi salam setelah duduk
  •     Tertib

6. Tata Cara Melakukan Sujud Syukur

    Melakukan sujud satu kali tanpa takbir dan salam dengan membaca bacaan sujud syukur sebagai berikut:



سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلهِ وَقُوَّتِهِ تَبَارَكَ الله أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ


Artinya: "Aku sujud kepada Allah SWT. yang telah menciptakan dan membentuk diriku serta telah membukakan pendengaran dan penglihatanku dengan kekuasaan dan kekuatan-Nya. Maka berkah Allah, Dialah sebaik Pencipta."

    Selain doa diatas, doa sujud syukur bisa juga menggunakan bacaan yang lain, seperti yang tercantum dalam Al-Qir'an surat An-Naml:19 . Berikut ayatnya:



 رَبِّ اَوْزِعْنِي اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَلِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَهُ وَاَصْلِح لِيْ فِى ذُرِّيَّتِيْ اِنِّ تُبْتُ اِلَيْكَ وَاِنِّيْ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ



Artinya: "Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal shalaeh yang Engkau ridhai dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shaleh" (Q.S. An-Naml: 27:19


7. Hikmah Sujud Syukur

  •     Memperoleh kepuasan batin berkaitan dengan anugerah yang diterima dari Allah SWT.
  •     Merasa dekat dengan Allah SWT sehingga memperoleh bimbingan dan hidayah-Nya
  •     Memperoleh tambahan nikmat dari Allah SWT dan selamat dari siksa-Nya



B. Sujud Tilawah


1. Pengertian

    Menurut bahasa tilawah  berarti bacaan. Sedangkan menurut istilah ialah sujud yang dikerjakan pada saat membaca atau mendengar ayat-ayat "sajadah" dalam Al-Qur'an. Sujud tilawah boleh dikerjakan di dalam maupun di luar shalat.

2. Ayat-Ayat Sajadah


Di dalam Al-Qur'an terdapat 15 ayat sajadah, yaitu:

        Akhir Surat Al-A'raf : 206

إِنَّ ٱلَّذِينَ عِندَ رَبِّكَ لَا يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِهِۦ وَيُسَبِّحُونَهُۥ وَلَهُۥ يَسْجُدُونَ


Artinya: "Sesungguhnya malaikat-malaikat yang ada di sisi Tuhanmu tidaklah merasa enggan menyembah Allah dan mereka mentasbihkan-Nya dan hanya kepada-Nya-lah mereka bersujud."

        Akhir Surat Ar-Ra'du : 15


وَلِلَّهِ يَسْجُدُ مَن فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ طَوْعًا وَكَرْهًا وَظِلَٰلُهُم بِٱلْغُدُوِّ وَٱلْءَاصَالِ


Artinya: "Hanya kepada Allah-lah sujud (patuh) segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan kemauan sendiri ataupun terpaksa (dan sujud pula) bayang-bayangnya di waktu pagi dan petang hari."

        Akhir Surat An-Nahl : 49

وَلِلَّهِ يَسْجُدُ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ مِن دَآبَّةٍ وَٱلْمَلَٰٓئِكَةُ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُونَ


Artinya: "Dan kepada Allah sajalah bersujud segala apa yang berada di langit dan semua makhluk yang melata di bumi dan (juga) para ma]aikat, sedang mereka (malaikat) tidak menyombongkan diri."


        Akhir Surat Isra' : 109

Artinya: "Dan mereka menyungkur atas muka mereka sambil menangis dan mereka bertambah khusyuk"

        Akhir Surat Maryam : 58

Artinya : "Mereka itu adalah orang-orang yang telah diberi ni`mat oleh Allah, yaitu para nabi dari keturunan Adam, dan dari orang-orang yang Kami angkat bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israil, dan dari orang-orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis"

         Akhir Surat Al-Hajj : 18

Artinya : "Apakah kamu tiada mengetahui, bahwa kepada Allah bersujud apa yang ada di langit, di bumi, matahari, bulan, bintang, gunung, pohon-pohonan, binatang-binatang yang melata dan sebagian besar daripada manusia? Dan banyak di antara manusia yang telah ditetapkan azab atasnya. Dan barangsiapa yang dihinakan Allah maka tidak seorangpun yang memuliakannya. Sesungguhnya Allah berbuat apa yang Dia kehendaki"


        Akhir Surat Al-Hajj : 77

Artinya : "Hai orang-orang yang beriman, ruku`lah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan"


        Akhir Surat Al-Furqan : 60

Artinya: "Dan apabila dikatakan kepada mereka: “Sujudhah kamu sekalian kepada Yang Maha Penyayang”, mereka menjawab: “Siapakah yang Maha Penyayang itu? Apakah kami akan sujud kepada Tuhan Yang kamu perintahkan kami [bersujud kepada-Nya]?”, dan [perintah sujud itu] menambah mereka jauh (dari iman)"


 3. Dalil Sujud Tilawah


Hukum melaksanakannya adalah sunnah. Dasarnya adalah hadits berikut, yang artinya:

“Rasulullah membacakan al-Qur’an untuk kami, jika melalui ayat sajdah beliau bertakbir lalu sujud dan kami pun ikut semua.” (H.R Abu Dawud, Baihaqi, Hakim)


4. Syarat-Syarat Sujud Tilawah

  •     Suci dari hadats dan najis, baik badan, pakaian maupun tempat.
  •     Menutup aurat
  •     Menghadap kiblat
  •     Setelah mendengar atau membaca ayat sajadah

5. Rukun Sujud Tilawah

Rukun sujud tilawah sama dengan rukun sujud syukur, yaitu:
  •     Niat (di dalam hati)
  •     Takbiratul lhram
  •     Sujud
  •     Duduk sesudah sujud (tanpa membaca tasyahud)
  •     Salam


6. Cara Melakukan Sujud Tilawah



Sujud Tilawah di dalam shalat
Jika mendengar atau membaca ayat sajdah dalam shalat, hendaklah sujud sekali, kemudian kembali berdiri meneruskan bacaan ayat tersebut dan meneruskan shalat. Namun apabila dalam shalat jama'ah makmum wajib mengikuti imam. Artinya jika imam membaca ayat sajdah lalu bersujud, maka makmum wajib ikut sujud. Tetapi jika imam tidak sujud, maka makmumpun tidak boleh sujud sendirian.


Sujud Tilawah Luar Shalat


    1) Menghadap kiblat
    2) Niat dan takbir
    3) Sujud (Hanya sekali)

       Sambil membaca do’a sujud tilawah adalah sebagai berikut:

    سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلهِ وَقُوَّتِهِ تَبَارَكَ اللهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ

 

    4) Duduk setelah sujud
    5) Salam

Terimakasih telah membaca artikel saya dengan judul "Macam-Macam Sujud Di Luar Shalat. Semoga artikel ini bermanfaat. Mohon maaf beberapa surat tidak kami berikan tulisan arab, karena keterbatasan waktu.
loading...

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.

loading...