November 18, 2015

Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan

loading...
Pada postingan kali ini kita akan menjelaskan bahwa tumbuhan sebenarnya juga dapat melakukan suatu gerakan. Benarkah tumbuhan bergerak ? Gerakan yang dimaksud tentu bukan sekedar gerakan akibat terbawa angin atau arus air, melainkan gerak yang timbul oleh aktivitas dari dalam tubuh tumbuhan. Gerakan yang timbul bukan hanya karena terjadi rangsangan. Gerakan yang dilakukan karena adanya kekuatan dari dalam tumbuhan itu sendiri. Mari kita simak berbagai macam gerak yang dilakukan oleh tumbuhan.

MACAM GERAK PADA TUMBUHAN

 

 



Gerak adalah salah satu bentuk tanggapan suatu organisme terhadap rangsangan. Rangsangan yang dimaksud dapat berasal dari luar (eksternal) atau dari dalam tubuh organisme itu sendiri (internal).
Gerakan yang berasal dari dalam disebut gerak spontan atau gerak otonom atau gerak endonom. Sebagai contoh: gerak kloroplas mengelilingi isi sel pada sel Hydrilla sp. atau Elodea sp. Gerakan tersebut juga dinamakan gerak siklosis. Terdapat juga gerak spiral atau sirkumnutasi pada tumbuhan yang membelit tumbuhan lain .
Gerakan yang berasal dari rangsangan luar dapat digolongkan sebagai gerak etionom.Gerak etionom sangat beragam. Berdasarkan bagian tubuh yang bergerak dan ada tidaknya pengaruh sumber rangsang terhadap arah geraknya maka gerak etionom dibedakan menjadi tiga golongan, yaitu: gerak tropisme, gerak taksis, dan gerak nasti.

Gerak Tropisme: gerak menanggapi rangsang dari bagian organ tumbuhan yang arah gerakannya dapat menjauhi atau menuju sumber rangsang. Contoh: gerak tumbuh pada ujung batang atau ujung akar. 
  • Jika ujung batang tumbuh mengarah ke sumber cahaya atau gerak tumbuhnya menanggapi rangsang berupa cahaya maka disebut gerak fototropi (fototropisme). 
  • Jika terdapat akar yang tumbuh menuju pusat gravitasi bumi disebut geotropisme. Contoh pada tumbuhan bakau tertentu seperti Avicenia sp, sebagian akarnya justru mencuat ke permukaan tanah atau air (melawan gravitasi bumi) maka disebut gerak geotropi negatif dan sebaliknya gerak akar yang menuju pusat gravitasi bumi disebut geotropi positif.
  • Gerak hidrotropi (hydrotropisme) adalah gerak tumbuh akar menuju sumber air atau menuju sumber humus dalam tanah.
  • Gerak thigmotropi adalah gerak tumbuhan bersulur yang membentuk gerakan spiral akibat rangsang sentuhan atau kontak dengan benda keras. Contoh: bangsa waluh atau mentimun (Cucubitaceae).

Gerak Taksis: gerak seluruh tubuh tumbuhan menjauh atau menuju rangsang. Gerak taksis dapat ditunjukkan oleh gerak spora ganggang, serbuk sari pada tumbuhan berbiji, sel gamet jantan tumbuhan lumut dan paku, dan tumbuhan satu sel aktif yang bergerak di air. Contoh: Euglena viridis. Gerak Euglena viridis merupakan gerak pindah tempat dari keseluruhan tumbuhnya.
  • Gerak fototaksis adalah gerak pindah tempat akibat rangsang cahaya. Euglena viridis secara aktif bergerak menuju cahaya agar dapat melakukan fotosintesis.
  • Gerak hidrotaksis adalah gerak karena adanya air sebagai sumber rangsang. Contoh gerak sel gamet jantan lumut.
  • Gerak kemotaksis adalah gerak karena adanya zat kimia sebagai sumber rangsang. Contohgerak serbuk sari menuju bakal biji yang dirangsang zat gula (zat kimia)
  • Gerak lokomotoris adalah gerak zoospora ganggang untuk menemukan spora pasangannya.

Gerak Nasti atau gerak tidur atau niktinasti (nyktos = malam). Gerak nasti terjadi karena perbedaan tekanan turgor. Contoh: pada tumbuhan polong-polongan atau Leguminosae. Contoh lain adalah tumbuhan lamtoro, sengon, dan sikejut atau putri malu (Mimosa pudica). Niktinasti dipengaruhi faktor sentuhan, cahaya, dan suhu udara. Selain itu, ada beberapa jenis tumbuhan seperti bunga sedap malam dan bunga wijaya kusuma yang mekar pada malam hari.
  • Gerak hiponasti adalah gerak daun mengatup (nasti) ke atas karena  sel-sel persendian bagian bawah (hypo = bawah) yang mendorong daun mengatup ke atas.
  • Gerak epinasti (epi = atas) adalah gerak daun mengatup ke bawah karena sel-sel persendian bagian atas mengembang sehingga mendorong daun mengatup ke bawah.
  • Gerak fotonasti adalah gerak suatu tumbuhan akibat adanya sumber rangsang dari cahaya matahari. Contoh bunga pukul empat yang bunganya mekar pada sore hari.
  • Gerak thermonasti adalah gerak suatu tumbuhan akibat respon terhadap perubahan suhu lingkungan.
  • Gerak thigmonasti adalah gerak suatu tumbuhan akibat terkena sentuhan (thigmo). Contoh tumbuhan putri malu atau sikejut (Mimosa pudica).
  • Gerak seismonasti adalah gerak suatu tumbuhan akibat terkena getaran (seismo).

Sumber pustaka: Suyitno dan Sukirman. 2005. Eksplorasi Biologi. Penerbit: Yudhistira

Itulah penjelasan singkat mengenai Gerak Pada Tumbuhan yang dapat kamu ketahui, semoga artikel ini dapat membantu PR atau tugas sekolahmu dan memambah wawasan tentunya.Jangan lupa share artikel kami ini melalui tombol share di bawah ke teman-teman lainnya. Terima kasih sudah berkunjung di gerbangilmu.
loading...

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.

loading...