November 15, 2015

Fungsi Sosial Seni dalam berbagai bidang

Hari ini saya akan memposting salah satu artikel seni budaya ataupun seni rupa dengan judul "Macam Macam Fungsi Sosial Seni "  di artikel ini saya akan menjelaskan mengenai beberapa fungsi sosial yang terdapat dalam seni, seperti fungsi sosial seni dalam bidang apapun, rekreasi, komunikasi, pendidikan serta agama. Berikut adalah artikelnya untuk anda.


Fungsi Sosial Seni dalam berbagai bidang


Fungsi sosial seni. 

Seni dicipatakan seniman untuk diserahkan atau disajikan kepada masyarakat dengan tujuan untuk dapat dinikmati, ditanggapi, dikagumi atau dihargai, sehingga kehadiran seni dapat memberi keseimbangan pada kebutuhan hidup.

Pada masa sekarang ini tingkat kemajuan manusia ditandai dengan makin kompleknya kebutuhan serta kesibukan kesibukan dalam hidup. Semakin meningkanya kebutuhan hidup, semakin banyak pula kebutuhan orang untuk menikmati nilai nilai seni.

Dengan demikian terjadi komunikasi yang bernilai sosial antara seni dan manusia (Masyarakat), bahkan seni itu tumbuh bersama sama dan menyatu dengan masyarakat.

berikut adalah beberapa fungsi sosial yang terdapat dalam seni :

1. Fungsi sosial seni dalam bidang rekreasi 

untuk memenuhi kebutuhan fisik maupun kebutuhan emosional seseorang atau masyarakat dapat diperoleh melalui tepat tempat rekreasi. Penampilan dalam bentuk fisik pada tempat tempat rekreasi dapat dilihat pada pintu gerbang masuk yang penuh dengan hiasan ber ukir, penataan taman mini yang dapat memberikan kesan indah dan nyaman, hadirnya patung patung dan relief dinding  yang sekaligus sebagai penghias, serta bangunan bangunan yang artistik, danau batuah yang indah, dan lain sebagainya.

Yang semuanya itu ditata sedemikian rupa sehingga mempunyai nilai seni yang tinggi. Semakin baik pengaturan karya seninya akan semakin banyak disenangi orang untuk dikunjungi dan sekaligus dapat memberikan kepuasan batin/emosional.

2. Fungsi sosial seni dalam bidang komunikasi

Karya seni yang disajikan pada masyarakat untuk dinikmati, dapat diartikan suatu bentuk komunikasi. Karya seni merupakan rekaman bahasa seniman untuk berkomunikasi dengan para penikmatnya. Rekaman bahasa seniman tersebut dapat ditampilkan melalui karya seni rupa, seni musik, seni tari, teater, sastra, maupun seni film. Secara fisik dapat diperhatikan wujud penampilannya. Semua itu ditampilkan guna memberikan kenikmatan dan kepuasan batin atau emosional pada penikmat.

3. Fungsi Sosial seni dalam bidang pendidikan

Dalam memenuhi kebutuhan fisik maupun emosional dapat pula diperoleh melalui bidang pendidikan. Baik itu pendidikan formal maupun informal. Secara fisik dapat diwujudkan dalam bentuk peralatan yang menunjang pendidikan tersebut. Sedangkan kebutuhan emosional dapat diperoleh melalui pengetahuan, pengajaran, pengalaman, dan sebagainya.

4. Fungsi sosial seni dalam bidang agama.

Fungsi sosial seni juga dapat diterapkan dalam bidang agama. Sebagai bukti fisik dapat dilihat dalam bentuk bangunan tempat beribadah yang penggarapanya tidak lepas dari unsur unsur artistik dan memiliki gaya yang khas.

gaya bangunan tempat ibadah banyak ditentukan oleh pandangan agama masing masing. Demikian pula kebutuhan batin dapat diperoleh melalui ceramah agama, mendengarkan seni baca Al-Qur'an, dan lain sebagainya.


Terimakasih sekian artikel saya dengan judul "Macam Macam Fungsi Sosial Seni " "Fungsi Sosial Seni dalam berbagai bidang" Semoga artikel yang saya berikan ini bermanfaat bagi anda. 

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.