October 3, 2015

Tingkat peradaban dan penguasaan Iptek

Hari ini kami akan memposting sbuah artikel ips Sosiologi kelas 8 dengan judul "TIngkat peradaban dan penguasaan Iptek" di Artikel ini kami akan menjelaskan mengenai tingkat peradaban dan penguasaan iptek dengan singkat.

Tingkat peradaban dan penguasaan Iptek
Tingkat peradaban dan penguasaan Iptek

Tingkat peradaban dan penguasaan Iptek

Setiap masyarakat dipastikasn akan mengalami perkembangan peadaban dan kebudayaan. Perkembangan ini cenderung menuju ke arah yang lebih baik dengan keanekaragaman dan peningkatan efektivitas dari fungsi budaya itu sendiri. Sebagaimana diketahui bahwa peradaban (civilization) adalah tingkat kemajuan dari keseluruhan struktur budaya suatu masyarakat. Untuk mengetahui tingkat peradaban suatu masyarakat, kita dapat melihat beberapa tolok ukur sebagai berikut :

  1. Tingkat pendidikan serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. Pola pikir dan pola aktivitas
  3. Benda benda artefak yang merupakan hasil perilaku manusia
  4. pola perumahan dan peralatan serta perlengkapan hidup lainya
  5. sistem komunikasi
  6. Penguasaan ilmu pengetahuan dan tekhnologi (kecakapan)
 Setinggi apakah tingkat peradaban suatu masyarakat, tentu mempunyai sumabngan dalam proses perubahan masyarakat itu sendiri. Masyarakat dengan tingkat peradaban yang tinggi mempunyai kecenderungan dapat mempercepat proses perubahan dalam masyarakat tersebut. Akan tetapi sebaliknya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang masih sangat minim akan membuat proses perubahan menjadi tersendat sendat.

Dalam proses sosial, tingkat peradaban turut berperan dalam mempengaruhi cepat atau lambatnya proses sosial itu sendiri. Pada masyarakat dengan peradaban yang tinggi, proses sosial akan berlangsung lebih efektif sehingga tidak banyak membuang waktu, biaya, dan tenaga. Hal ini akan tampak dari laju pertumbuhan tingkat kesejahteraan masyarakat itu sendiri.


Trimakasih sekian artikel kami dengan judul "Tingkat peradaban dan penguasaan Iptek". semoga bermanfaat bagi anda.

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.