October 10, 2015

Pengertian Hukum Menurut Beberapa Para Ahli

Hari ini kami akan mengshare artikel PKN mengenai pengertian definisi hukum menurut beberapa para ahli seperti Immanuel Kant, Roscoe Pound, dan lainnya. Berikut artikelnya "Pengertian Hukum Menurut Beberapa Para Ahli"  untuk anda.


Pengertian Hukum Menurut Beberapa Para Ahli
Pengertian Hukum Menurut Beberapa Para Ahli

Pengertian Hukum menurut para ahli 

Walapun belum ada kepastian tentang pengertian hukum, perlu ada definisi yang dijadikan pegangan untuk mengetahui dan memahami hukum. berikut adalah pengertian hukum dari beberapa ahli hukum.

A ) Immanuel Kant

Menurut Immanuel kant hukum adalah keseluruhan syarat syarat yang dengan ini kehendak bebas dari orang satu dapat menyesuaikan diri dengan kehendak bebas dari orang lain, menurut peraturan hukum tentang kemerdekaan.

B ) Roscoe Pound

Menurut Roscoe Pound ia membagi hukum kedalam dua arti yakni :
  1. Sebagai tata hukum yang mengatur hubungan dan tingkah laku antar individu.
  2. Kumpulan dasar kewenangan dari putusan pengadilan dan tindakan administrasi.

C ) J.C.T Simorangkir dan Woerjono Sastropranoto 

 Menurut J.C.T Simorangkir dan Woerjono Sastropranoto Hukum adalah peraturan peraturan yang bersifat memaksa, yang menentukan tingkah laku manusia dalam lingkungan masyarakat yang dibuat oleh badan resmi yang berwajib, pelanggaran terhadap peraturan peraturan tadi berakibatkan diambilnya tindakan, yaitu dengan hukum yang tertentu.

D ) S.M Amin, S.H.

Menurut  S.M Amin, S.H. Hukum adalah kumpulan peraturan yang terdiri dari norma dan sanksi dan tujuan hukum itu adalah mengadakan ketatatertiban dalam pergaulan manusia sehingga keamanan dan ketertiban terpelihara.

Itulah tadi pengertian atau definisi dari hukum menururt beberapa para ahli, terimakasih sudah berkunjung di gerbangilmu, share artikel tentang "Pengertian Hukum Menurut Beberapa Para Ahli " melalui tombol share di bawah, artikel tentang PKN kelas 10 SMA, Pengertian atau definisi hukum lengkap.

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.