October 11, 2015

Menjelaskan Singkat Bagaimana Proses Mendengar

Hari ini kami akan menjelaskan singkat mengenai Bagaimana Proses Mendengar, semoga artikel ini dapat membantu tugas sekolahmu tentang Biologi. Di artikel ini kami mengambil dari salah satu buku Biologi SMP kelas 9, berikut artikelnya untuk anda.

Menjelaskan Singkat bagaimana Proses Mendengar
Menjelaskan Singkat Bagaimana Proses Mendengar

Proses mendengar


Ketika suatu benda bergetar, udara di sekitarnya juga bergetar. proses ini menghasilkan energi berbentuk gelombang suara. Telinga luar anda menangkap gelombang suara dan menyalurkannya ke saluran telinga dan ke telinga tengah. Di telinga tengah, gelombang suara menggetarkan gendang telinga seperti membran gendang. Getaran ini kemudian bergerak melalui tiga tulang di dalam telinga tengahmu, secara berurutan disebut tulang martil, landasan, dan sanggurdi. Tulang sanggurdi menggetarkan membran di telinga dalam.

Kemudian di telinga dalam, ketika tulang sanggurdi bergetar, cairan di dalam koklea juga ikut bergetar. Getaran ini merangsang ujung akhir saraf di dalam koklea untuk menghasilkan impuls. Impuls yang dihasilkan dikirim ke otak oleh saraf pendengar.

Video Proses mendengar

 

Itulah penjelasan singkat mengenai Proses mendengar, semoga artikel ini dapat membantu PR atau tugas sekolahmu. Terimakasih.

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.