September 17, 2015

Pendekatan Metode kuantitatif - GEOGRAFI SMA

Hari ini kami akan memberikan sebuah artikel mengenai IPS geografi SMA kelas 10 dengan judul "Pendekatan Metode kuantitatif -"  Di artikel ini kami akan menjelaskan mengenai pendekatan pendekatan yang terdapat dalam metode kuantitatif, Artikel ini sebagian bersumber dari buku geografi sma kelas 10 mediatama halaman 53. Berkut adalah artikel mengenai "Pendekatan Metode kuantitatif " .

Pendekatan Metode kuantitatif SMA X
Pendekatan Metode kuantitatif

Pendekatan Metode kuantitatif 

Metode kuantitatif lebih mengutamakan data data yang berupa angka, sehingga gejala yang diteliti dapat diukur dengan menggunakan skala, indeks, tabel, dan menggunakan ilmu pasti (matematika). Metode kuantitatif memiliki tiga pendekatan, berikut adalah penjelasan mengenai beberapa metode tersebut.

a. Analisis Keruangan

Pada hakikatnya analisis keruangan adalah analisis lokasi yang menitikberatkan pada tiga unsur geografi yakni jarak (distance), kaitan (interaction), dan gerakan (Movement).

b. Analisis Ekologi

Konsep mengenai kaitan antara manusia dengan lingkunganya merupakan konsep dasar dalam geografi. Analisis ekologi sering menggunakan ilmu statistik karena dapat membantu menyatakan kaitan antar variabel yang banyak jumlahnya. Dengan teknik statistik, kaitan antara variable dapat dilakukan degan lebih tegas yaitu dengan menggunakan analisis korelasi, analisis regresi, analisis varian, maupun analsis faktor.

c. Analisis Kompleks Wilayah

Analisis Wilayah merupakan perpeduan antara analisis keruangan dengan analisis ekologi, yaitu perpaduan antara analisis penyebaran fenomena geografi dalam ruang dengan analisa kaitan antara manusia dengan lingkunganya.

Terimakasih sekian artikel singkat dari kami dengan judul "Pendekatan Metode kuantitatif " Semoga artikel yang kami berikan ini bermanfaat bagi anda, diambil dari buku IPS Geografi SMA mediatama, mohon maaf jikaada kesalahan kata di artikel yang kam berikan ini. Seomga artikel kami bermanfaat bagi anda.

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.