July 2, 2015

Rangkuman Materi "Perubahan Pada Benda" - IPA

loading...
Hari ini saya aan memberikan sebuah materi singkat mengenai pelajaran Ipa SD kelas 6 dengan judul "Perubahan Pada benda" Di artikel ini kami akan menjelaskan apa saja yang terjadi perubahan pada benda. Berikut adalah artikelnya untuk anda.

Rangkuman Materi -Perubahan Pada Benda-

Perubahan Pada benda

Benda benda dapat mengalami perubahan, contohnya benda tersebut mengalami pelapukan, perkaratan, serta pembusukan.

Pelapukan

Pelapukan ada 2 macam, yakni pelapukan biologi serta pelapukan fisika , berikut penjelasanya :
  • Pelapukan biologi : disebabkan oleh mikroganisme seperti jamur, rayap, dan lumut. Pelapukan biologi biasanya terjadi pada kayu
  • Pelapukan fisika disebabkan oleh angin dan air. Pelapukan fisika biasanya terjadi pada batu-batuan

 Perkaratan

Perkaratan biasanya terjadi pada logam, seperti besi dan seng. Perkaratan terjadi karena logam bereaksi dengan air , uap dan oksigen . Jika keduanya ada, maka logam tersebut dapat berkarat. Tanda tanda perkearatan antara lain besi jadi mudah rapuh, permukaanya kasar, dan warna berubah menjadi cokelat kemerah merahan.

Bagaimana mencegah perkaratan ? cara mencegah perkaratan antara lain dengan pengecatan pada logam tersebut.

Pembusukan

Pembusukan biasanya terjadi pada makanan, buah, sayur, serta daging. pembusukan disebabkan oleh aktivitas mikroorganisme seperti bakteri dan jamur. Pembusukan ditandai dengan adanya lendir, bau yang tidak enak, makanan menjadi lembek, dan biasanya ada jamur yang tumbuh di makanan tersebut.

Bagaimana cara mencegah pembusukan ? cara mencegah pembusukan antara lain dengan menaruhnya di kulkas, diawetkan dengan bahan pengawet, dan dikeringkan.


Terimakasih sekian artikel saya tentang perubahan pada benda pelajaran ipa sd kelas 6, semoga bermanfaat bagia anda, mohon maaf jika ada kesalahan kata di artikel ini.
loading...

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.

loading...