July 1, 2015

Rangkuman Materi "Hemat Energi" - IPA SD

Hari ini kami akan memberikan sebuah artikel singkat yakni rangkuman materi megenai hemat energi, di artikel ini kami akan memberikan rangkuman singkat mengenai hemat energi pelajaran Ilmu pengetahuan alam sekolah dasar. Berikut artikelnya megenai "Rangkuman Materi "Hemat Energi" - IPA SD" 

 
Rangkuman Materi Hemat Energi - IPA SD
Rangkuman Materi Hemat Energi - IPA SD

Hemat energi

Energi listrik banyak digunakan pada alat alat rumah tangga, seperti lampu penerangan, televisi, kulkas,kipas, dan alat lain sebagainya. Sumber listrik misalnya generator, baterai dan aki.

Dalam menggunakan listrik kita perlu hati hati karena jika kita ceroboh bisa mengakibatkan kita terkena setrum atau kebakaran. Selain listrik, ada juga sumber energi yang lain seperti minyak tanah, bensin, solar, serta gas.

Sumbu energi dan pemanfaatannya antara lain :
  • Minyak tanah untuk kompor minyak
  • bensin untuk kendaraan bermotor
  • solar unruk kendaraan bermesin diesel
  • dan gas untuk kompor gas ataupun kendaraan bahan bakar gas

Energi listrik dari bahan bakar fosil sangat bermanfaat, namun ketersediaannya sangatlah terbatas. Listrik dihasilkan dari proses yang amat rumit dan ada yang menggunakan bahan bakar fosil, sehingga listrik jadi tidak murah. Sedangkan bahan bakar fosil ketersediannya di bumi amarlah terbatas dan proses pembentukkannya memerlukan waktu yang amat lama. Oleh karena itu, kita harus hemat dalam menggunakan energi terutama energi listrik.

Keuntungan dari hemat energi, yakni dapar mengurangi biaya pengeluaran keluarga, mengurangi pencemaran, dan memperlambanr habisnya sumber energi di bumi ini.

Terimaksaih semoga artikel yang kami berikan degan judul "Rangkuman Materi "Hemat Energi" - IPA SD" bermanfaat bagi anda, mohon maaf jika ada kesalahan kata diartikel yang kmai berikan ini. 

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.