June 8, 2015

Transmisi Listrik Jarak Jauh - Fisika

Hari ini kami akan memberikan informasi seputar fisika mengenai "Transmisi Listrik Jarak Jauh " di artikel ini kami akan memberikan sebuah informasi pelajaran fisika kelas 9 yang sangat bermanfaat bagi anda yakni mengenai listrik. berikut adalah artikelnya untuk anda.

Transmisi Listrik Jarak Jauh 

Generator besar pada pembangkt listrik seperti PLTA bisa menghasilkan tegangan puluhan ribu volt atau daya puluwan ribu watt. Tegangan besar ini digunakan untuk keperluan peralatan elektronik di beberapa kota bahkan beberapa provinsi.

Cara pentransmisian yaitu dengan menggunakan transmisi tegangan besar yang memiliki keuntungan yakni :

 Kuat arus yang dihasilkan adalah kecil

Karena kuat arus berbanding terbalik dengan tegangan (bila dilihat dengan rumus hubungan P.V dan I) maka penyaluran daya dengan menggunakan tegangan tinggi akan menghasilkan kuat arus yang kecil.

Ekonomis atau hemat biaya

Karena kawat yang diperlukan lebih kecil dan harganya lebih murah agar kuat arus yang dihasilkan kecil dengan yang tetap maka tegangan harus dibuat besar selama pentransmisian tersebut. Cara memperbesar tegangan adalah dengan menggunakan trafo step up. Tegangan yang dihasilkan oleh pembangkit yang hanya berkisaran puluhan kilo volt diperbesar oleh trafo step up hingga mencapai ratusan kilovolt.

Transmisi Listrik Jarak Jauh - Fisika
sentral listrik


Setelah sampai di kota tujuan, tegangan tersebut diturunkan menjadi beberapa puluhankilo volt lagi dengan menggunakan trafo stepdown pada beberapa gardu gardu besar transformator.

Dari gardu transformator ini, tegangan diturunkan lagi oleh beberapa gardu gardu transformator penurun tegangan yang berapancar di seluruh kota (yang sering kita lihatdi pinggir jalan) hingga mencapai tegangan aman (misalnya untuk rumah tangga adalah 220v saja ) .


Terimakasih sekian artikel dari kami dengan judul "Transmisi Listrik Jarak Jauh" Semoga bermanfaat bagi anda, jangan lupa baca artikel menarik lainya mengenai Listrik di gerbangilmu.com mohon maaf bila ada kesalahan kata dari artikel yang kami berikan ini.

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.