June 26, 2015

Menyimpulkan Pesan Pidato, Ceramah, Khotbah yang didengar

Hari ini kami akan memposting sebuah artikel bahasa indonesia dengan judul "Menyimpulkan Pesan Pidato/ceramah/khotbah yang didengar" Di artikel ini saya akan bagaimana menyimpulkan pesan dari pidato, ceramah,ataupun khotbah yang didengar. Berikut adalah artikelnya untuk anda.

Menyimpulkan Pesan Pidato, Ceramah, Khotbah yang didengar

Sebelum saya memberikan mengenai bagaimana menyimpulkan pesan dari pidato ceramah ataupun khotbah saya akan memberikan dulu mengenai apa pengertian dari pidato ceramah ataupun khotbah, berikut pengertiannya.

Menyimpulkan Pesan Pidato/ceramah/khotbah yang didengar

Pengertian

Siapa yang tidak pernah mendengarkan pidato, ceramah, ataupun khotbah, tentunya kita semua pernah mendengarkan itu, banyak sekali media media yang dapat kita gunakan dalam mendengarkan pidato, ceramah, dan khotbah.  Utuk penjelasan lebih lanjut mengenai Pidato, ceramah, dan khotbah anda perlu mengetahui pengertian nya

Pidato : Apa yang dimaksud dengan pidato ? pidato merupakan pikiran atau wacana yang disampaikan untuk banyak orang

Ceramah : Merupakan pidato yang berkenaan dengan masalah pendidikan atau pengetahuan umum.

Khotbah : merupakan pidato yang berhubungan dengan masalah agama.

Dapat disimpukan bahwa pidato merupakan kata umum, sedangkan ceramah dan khotbah merupakan kata khususnya.

Bagaimana mendengarkan pidato dengan baik ? 

Untuk dapat mendengarkan pidato dengan baik, kita perlu melakukan kegiatan kegiatan berikut :
  1. Menemukan pokok pokok atau bagian bagian pidato yang dianggap penting dalam ceramah
  2. Menyimpulkan pesan berdasarkan pokok pokoknya tersebut.
Hal hal pokok dari suatu pidato dapat diketahui dengan mudah. Caranya dengan memperhatikan kata kata penekan yang dilakukan oleh si pembicara. Kata kata itu misalnya : Nah, kesimpulannya, dengan demikian, yang penting, jadi.

Berikut contoh pidato :

Teman teman, terkadang kita selalu sulit untuk hidup himat. apalagi bagi pelajar yang suka diberi uang berlebihan. Di hari itu, dia dapat membeli sesuatu yang dia inginkan. Akan tetapi, pada hari berikutnya ia kehabisan uang . Akibatnya, agar dapat jajan dia harus meminjam uang kepada temannya. Nah, agar tidak terjadi hal semacam itu, kita harus terbiasa dengan hidup hemat. Adapun yang dimaksud dengan hidup hemat adlaah hidup yang tidak berlebihan dan memanfaatkan sesuatunya dengan cermat. Hidup hemat bukan berarti pelit.

 Kata Nah dalam pidato di atas merupakan penekan yang fungsinya adalah menunjukan bahwa kata kata sesudanya itu penting menurut pembicaranya. Tapi perlu diingat bahwa setiap pembicaraan atau uraian tidak menggunakan kata penekan seperti itu .  Jadi kita harus pintar pintar mencari hal hal penting dalam pidato itu tanpa kata penekan. Apabila hal iti terjadi maka anda yang harus menentukan hal yang penting itu. Namun yang jelas bahwa pokok pembicaraan atau pidato biasanya berupa gagasan utama atau pernyataan umum dari suatu uraian.

Menyimpulkan Isi Pidato 

Kesimpulan dari suatu pidato, dapat kita susun berdasarkan kata kata pokoknya, misalnya berdasarkan pokok pokok dalam cuplikan pidato di atas kita dapat membuat kesimpulan sebagai berikut :
  1. Kita harus hemat
  2. Hidup hemat adalah hidup yang tidak berlebihan dan memanfaatkan sesuatu dengan cermat
  3. Hidup hemat bukan berarti pelit
  4. Kesimpulan hidup hemat berarti hidup dengan tidak berlebihan,cermat, namun tidak berarti pelit. 

Terimakasih sekian artikel dari gerbangilmu dengan judul  "Menyimpulkan Pesan Pidato/ceramah/khotbah yang didengar" mohon maaf jika ada kesalahan kata di artikel ini dengan label bahasa indonesia, mari baca artikel menarik lainya di gerbangilmu dengan cara melihat related post di samping artikel.

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.