March 23, 2015

Unsur unsur fisik dan Sosial Kawasan Asia tenggara

Hari ini kami akan memposting sebuah artikel dengan judul "Unsur unsur fisik dan Sosial Kawasan Asia tenggara" Di artikel ini kami akan memebrikan unsur unsur fisik serta sosial apa saja di kawasan asia tenggara ini. berikut

Kawasan Asia tenggara merupakan wilayah negara negara yang terletak di wilayah benua asia bagian tenggara. negara negara ini tergabung dalam suatu perhimpunan bangsa bangsa asia tenggara yang dikenal dengan sebutan ASEAN (Association of south east Asian nations) didirikan berdasarkan deklarasi bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967.

Baca Juga : Peran Indonesia dalam Kerja Sama ASEAN

Pembagian kawasan kawasan didasarkan atas kesamaan rumpun bangsam bahasam budaya dan kondisi wilayah nya. hal tersebut menyebabkan kawasan asia tenggara memiliki karakteristik tertentu yang khas dan membedakan dengan karakteristik kawasan lainya di benua Asia.

berikut adalah penjelasan lengkap mengenai "Unsur unsur fisik dan Sosiak Kawasan Asia tenggara" 


Unsur unsur fisik dan Sosiak Kawasan Asia tenggara :

Asia tenggara meliputi semenanjung Indocina dan melayu serta beberapa kepulauan di sekitarnya. terdiri atas sebelas negara yang dapat dibedakan menjadi dua kawasan, yakni benua : Myanmar, Tahiland, Kampuchea, Laos, Vietnam, dan malaysia barat.

Serta kawasan kepulauan : Malaysia timur, Singapura, brunei darusalam, Indonesia, Timor leste, dan Filipina. 


Letak luas dan batas ASIA TENGGARA

Sebagian besar negara negara di kawasa asia tenggara terletak di belahan bumi Utara. Secara astronomis, kawasan Asia tenggara terletak antara 28° LU - 11° LS dan 95° BT - 141° BT. Secara geografis, kawasan asia tenggara terletak antara dua benua yakni benua Asia dan australia serta dua samudra yakni samudra hindia dan samudra pasifik. 

Luas wilayah asia tenggara mencapai ± 2.256.781 Km² atau sekitar 5% dari luas wilayah Benua Asia. Berikut merupakan batas batas wilayah asia tenggara.
  • Kawasan Asia timur dan samudra pasifik di sebelah utara
  • Samudra Hindia dan Benua Asutralia di sebelah Selatan
  • Kawasan asia selatan dan samudra hindia di sebelah barat
  • Samudra pasifik dan papua nugini di sebelah timur

Iklim dan Bentang alam Asia tenggara

Berdasarkan letak astronomisnya, sebagian besar wilayah asia tenggara berada di zona iklim tropis, hanya negara myanmar yang sebagian kecil wilayahnya (bagian utara) masuk dalam zona iklim subtropis. Kondisi musimnya dipengarhi oleh pergerakan angin muson yang berganti arah tiap enam bulan sekali. Hal tersebut menyebabkan terjadinya musim kemarau dan musim penghujan di wilayah Asia tenggara.

Keadaan alam kawasan asia tenggara sangat bervariatif, meliputi pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, dan basin. Kawasan alam Asia tenggara juga merupakan pertemuan jalur pegunungan muda sirkum pasifik dan sirkum mediteranian, sehingga kawasan Asia tenggara memiliki banyak gunung api. Kondisi ni pula menyebabkan kawasan ini banyak terjadi bencana alam seperti gunungn meletus. 

Berikut merupakan jalur sirkum pasifik dan mediteraian.



Dataran tinggi yang ada di Asia tenggara banyak terdapat di Thailand - dataran tinggi korat, Vietnam- dataran tinggi tonkon, laos - dataran tinggi bolovens, dan Indonesia - dataran tinggi dieng, gayo, dan ranau.  Lahan di daerah dataran tinggi umumnya dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan dan onjek wisata.

Bila ada dataran tinggi tentunya juga ada dataran rendah, dataran rendah di asia tenggara meliputi terdapat di bagian Selatan thailand, begian timur semenanjung malaka, sebagian besar wilayah singapura dan brunei darusalam. Dataran rendah tersebut umumnya dimanfaatkan untuk lahan pertanian dan pemukiman. hal tersebut dikarenakan wilayah tersebut pada umumnya subur dan merupakan lokasi pemusatan penduduk di tiap tiap negara di asia tenggara.


Unsur unsur fisik dan sosial kawasan asia tenggara akan kami lanjutkan di artikel selanjutnya.

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.