March 5, 2015

Rangkuman Lahirnya Orde baru dan Lahirnya Reformasi, IPS IX

Hari ini kami akan memposting sebuah artikel IPS sejarah dnegan judul "Rangkuman Lahirnya Orde baru dan Lahirnya Reformasi, IPS IX" di Artikel ini kami akan memberikan sejarah singkat mengenai Orde baru dan Reformasi. 

Lahirnya Orde baru tidak dilepaskan dengan kondisi sesudah kejadian 30 September 1965. Carut marut politik yang berdampak pada ketidakstabilan negara dapat dirasakan oleh sebagian besar rakyat. Inflasi yang tinggi mengguncang sendi ekonomi. Barang ada namun tidak terjangkau daya beli. Dimana mana tampak antrean panjang untuk mendapatkan kebutuhan pokok.

Kondisi lainya setelah tragedi nasional, pemerintah dihadapkan situasi sulit untuk segera menyelesaikan. berikut adalah penjelsan mengenai lahirnya orde baru serta lahirnya reformasi.

Lahirnya Orde baru

1. Penumpasan G30 S PKI

Saat negara dalam keadaan gawat panglima kostrad mayjend soeharto segera mengambil alih pimpinan Angkatan darat dan melakukan koordinasi operasi penumpasan G 30 S PKI, dua kekuatan dikerahkan dalam operasi penumpasan G30 S yakni Resimen Para komando Angkatan darat (RPKAD) dan Batalyon 328/Para Kujang/ Siliwangi. 



Operasi penumpasan dimulai 1 Oktober 1965 pukul 19:00 ketika pasukan RPKAD yang dipimpin Kolonel Sarwo Edhi Wibowo mendapat perintah untuk merebut studio RRI pusat dan kantor pusat Telekomunikasi. Pada tanggal 2 Oktober 1965, operasi penumpasan diarahkan ke pangkalan udara Halim Perdana kusuma yang merupakan basis utama PKI. Pangkalan tersebut berhasil dikuasai pasukan RPKAD dan Batalyon 326 dalam waktu yang singkat. Selanjutnya daerah Lubang Buaya dan sekitarnya yang menjadi pusat latihan Pemuda Rakyat dan Gerwani. Dengan dikuasainya kembali kota jakarta, usaha perebutan kekuasaan yang dilakukan oleh G30 S/PKI dapat digagalkan.

Meskipun kekuatan PKI telah dilumpuhkan, tokoh tokoh PKI masih belum tertangkap, oleh karena itu dilancarkan operasi penumpasan G 30 S/PKI sampai ke akar akarnya. Pada tanggal 3 Oktober 1965 pemerintah membentuk komando Operasi pemulihan keamanan dan ketertiban (Kopkamtib) dan Mayjend Soeharto ditunjuk sebagai panglima kopkamtib. Tugas pokok nya adalah memulihkan keamanan dan ketertiban Negara akibat peristiwa G 30 S PKI serta menegakkan kembali pemerintahan dengan jalan operasi fisik, militer dan mental.

2. Aksi Tritura ( Tri Tuntutan Rakyat)

Tidak tegasnya sikap pemerintah terhadap G 30 S PKI dan masih adanya keberadaan PKI sebagai organisasi politik menimbulkan ketidakpuasan dalam masyarakat.



Ketidakpuasan rakyat diungkapkan dalam bentuk demontrasi tanggal 10 Januari 1966 yang diperoleh kesatuan aksi Mahasiswa indonesia (KAMI) dan Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia (KAPPI) di halaman gedung DPRGR. Apa isi dari Trikura ? : isi trikura adalah 
  • Bubarkan PKI dan Ormas Ormasnya
  • Bersihkan Kabinet Dwikora dari unsur pki
  • Turunkan harga 

3. Keluarnya SUPERSEMAR (Surat Perintah Sebelas Maret)

Untuk mengatasi krisis politik yang tak kunjung surut, presiden soekarno pada tanggal 10 Maret 1966 mengadakan pertemuan dengan partai partai politik, yang mendesak agar partai partai politik mengutuk aksi Trikura, akan tetapi desakan tersebut ditolak dan mereka tetap menuntut PKI dibubarkan. Namun saat sidang dengan kabinet Dwikora yang disempurnakan yanh bertujuan untuk mengmbil langkah langkah mengatasi krisis politik yang terjadi pada saat itu, ajudan presiden melaporkan adanya pasukan tidak dikenal diluar istana. 



Untuk menghindari kemungkinan yang tidak di inginkan, presiden menyerahkan pimpinan sidang kepada wakil perdana mentri II Dr Leimena. Presiden soekarno selanutnya pergi ke istana bogor bersama waperdam I Dr subandiro dan waperdam III Dr Khaerul saleh. Siutasi keamanan negara saat itu semakin gawat sehingga tiga perwira negara saat itu semakin gawat sehingga tiga perwira yakni Mayjend basuki rahmat, Brigjen M Yusuf dan Brigjen Amir Machmud berinisiatif menyusul presiden ke istana bogor.

Pertemuan tersebut menghasilkan konsep surat perintah kepada Menpangad atas nama presiden mengambil segala tindakan yang dianggap perlu dalam rangka memulihkan keamanan dan kewibawaan pemerintah. Surat perintah tersebut dikenal dengan sebagai surat perintah 11 maret (Supersemar). Sebagai pengemban supersemar, letjen suharto segera melakukan tindakan untuk memenuhi Tritura yaitu :

  • Pada tanggal 12 Maret 1966, Letjen Suharto mengeluarkan keputusan yang berisi pembubaran PKI di seluruh Indonesia beserta Ormas ormasnya dan dinayatakan sebagai organisasi terlarang 
  • Pada tanggal 18 maret 1966, melakukan tindakan pengamanan terhadap 15 orang menteri kabinet Dwiora yang disempurnakan yang diduga terlibat dalam G 30 S/PKI.
Sejak keluarnya SUpersemar baru mulai lahir di Indonesia yang pada akhirnya membawa kejatuhan pemerintah Orde lama yang dipimpin oleh soekarno. Melalui Ketetapan No. XIII?MPRS?1966 di bbentuklah kabinet Ampera yang pembentukkannya dilimpahkan kepada lejten Suharto. tugas kabinet ampera disebut Dwidharma yakni mengusahakan stabilitas politik serta ekonomi.

4. Berakhirnya Orde Baru

Perjalanan pemerintahan Orde baru yang panjang yakni selama 32 tahun tidaklah mulus. Fluktasi masa tersebut dapat terlihat dari program program yang lebih diarahkan untuk peningkatan kesejahteraan melalui pembangunan di segala bidang kebihdupan.

Situasi ekonomi dunia juga turu mempengaruhi Indonesia. Krisis moneter menambah masalah baru yang dituntut untuk segera di atasi. harga harga kebutuhan pokok dan bahan pangan melambung tinffi dan daya beli rakyat rendah. Nilai tukar rupiah melemah terhadap dollar. sehingga US$1 menembus lebih dari sepuluh ribu rupiah.

Akumulasi permasalahan yang tidak selesai memancing kemarahan elemen masyarakat yang peduli terhadap nasib bangsa yang Dipelopori oleh mahasiswa, mahasiswa berdemo dan mengadakan protes intensif terhadap berbagai kebijakan yang tidak pro perbaian serta menyuarakan menentang praktek KKN. 

Puncaknya terjadi pada tanggal 12 MEI 1998 di daerah semanggi. Tindakan represif aparat menewaskan mahasiswa trisakti. Di antara mahasiswa trisakti yang tewas adalah elang mulya lesmana, hery hartanto, hendriawan, dan Hafidhin Royan.

Pada tanggal 19 mei `98 puluhan ribu mahasiswa menduduki gedung DPR/MPR, yang dianggap sebagai salah satu simbol kekuasaan Orde baru. mereka menuntut soeharto turun dari jabatan presiden akan tetapi presiden hanya mereshufle kabinet.



Akhirnya pad atanggal 21 mei 1998 presiden soeharto menyerahkan kekuasaannya kepada wakilnya B,J Habibie. Selanjutnya B.J Habibie dilantik sebagai presiden RI menggantikan soeharto.


Lahirnya Reformasi

Gerakan reformasi du Indonesia merupakan gerakan dari berbagai komponen masyarakat untuk melakukan perubahan dan pembaharuan dalam kehidupan masyarakat. Gerakan ini lahir karena kondisi politik, sosial dan ekonomi yang tidak memihak kepada rakyat. Dampak krsisi moneter bagi masyarakat dan pemerintahan indonesia antara lain :
  • Tatanan ekonomi rusak berat dengan bangkrutnya perbankan dan badan usaha lainya 
  • Pemutusan hubungan kerja meningkat sehingga penganguguran meluas
  • melonjaknya berbagai harga barang
  • timbulnya krisis keperncayaan masyarakat terhadap pemerintahan orde baru.


Terimakaish, sekian artikel dari kami dengan judul " di Artikel ini kami akan memberikan sejarah singkat mengenai Orde baru dan Reformasi. " mohon maaf jika ada kesalahan kata di artikel yang kami berikan ini, artikel ini bersumber dari : Buku LKS MGMP ips Malang kelas 9, dan Buku lainya. Terimakasih untuk tidak menuliskan artikel ini di blog . baca artikel menarik lainya seputar IPS sejarah di gerbangilmu.

2 Comments

Click here for comments
Mitra Detik
admin
March 5, 2015 at 10:34 PM ×

dari dulu hingga sekarang Turunkan Harga terus diucapkan,,,, apa tidak ada penyelesaian ya dari pemerintah sampai sekarang... hemmmmmmm

Reply
avatar
Gerbang Ilmu
admin
March 6, 2015 at 10:26 PM ×

Iya mas memang harga gak selalu stabil...

Reply
avatar

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.