February 7, 2015

Bentuk Bentuk kerja sama Ekonomi Internasional IPS IX

Hari ini saya akan memberikan sebuah artikel mengenai IPS ekonomi kelas 9 dengan judul "Bentuk Bentuk kerja sama Ekonomi Internasional IPS IX" di artikel ini kami akan menjelaskan dan memberi pengertian mengenai Bentuk Bentuk kerja sama Ekonomi Internasional dengan lengkap. Berikut adalah artikel yang kami berikan.

Bentuk Bentuk kerja sama Ekonomi Internasional IPS IX
ASEAN merupakan Bentuk kerjasama Regional


Bentuk Bentuk kerja sama Ekonomi Internasional 

Hubungan kerja sama ekonomi antar Negara dapat dilakukan dengan cara mengadakan perjanjian kerja sama. Sebelum mengetahui apa saja bentuk bentuk kerja sama ekonomi internasional, anda harus tahu mengenai pengertian kerja sama ekonomi internasional. Kerja sama ekonomi internasional merupakan kerja sama dibidang ekonomi antar negara negara di dunia. dan berikut adalah benruk benruk dari kerja sama ekonomi internasional :

Kerja sama Bilateral

Yaitu benruk kerja sama yang dilakukan oleh duanegara yang tujannya saling menguntungkan kedua belah pihak, Misalnya kerja sama ekonomi antara Indonesia dengan jepang. kerja sama tersebut berarti hanya melibatkan dua Negara saja.

Kerja Sama regional

Yaitu bentuk kerja sama yang dilakukan oleh beberapa Negara dalam satu region atau kawasan, misalnya beberapa bentuk kerja sama nya adalah di bentuknya ASEAN, AFTA, NAFTA, dan lainya.

Kerja sama Multiteral

Yaitu bentuk kerja sama yang tidak dibatasi oleh suatu kawasan tertentu. Kerja sama multilateral ini ada yang dibawah naungan PBB dan ada yang tidak di bawah Naungan PBB. Kerja sama dalam bidang ekonomi social di bawah naungan PBB adalah ECOSOC (Economic and Social Council).

Kerja sama menurut tujuan dan lapagan usaha

Yaitu bentuk kerja sama yang dibentuk berdasarkan tujuan yangsama dan lapangan usaha yang sama, misalnya OPEC - organisasi negara pengekspor minyak dunia, CIPEC, ANRPC, ITC, ADB, dan lainya.


Bidang bidang kerja sama

Kerja sama ekonomi tersebut mencakup berbagai bidang berikut :
  • Kerja sama produsen (Negara Produsen)
    Contoh bentuk kerja sama produsen, yaitu OPEC, APEC, dan IBA

  • Kerja sama perdagangan dan tarif
    Kerja sama ini mengatur tarif dan ketentuan dalam perdagangan. COntoh bentuk kerja sama ini adalah GATT, ITO, dan APEC.

  • Kerja sama Keuangan
    Contoh lembaga kerja sama keuangan adalah IMF dan IBRD

  • Pasar Bersama
    Dalam kerja sama pasar bersama, anggota bebas melakukan pemindahan faktor produksi dan hasil produksi dengan mengurangi hambatan seminimal mungkin. Misalnya MEE 

  • Kerja sama perburuan
    Dalam kerja sama ini diatur mengenal hak dan kewajiban buruh misalnya ILO.

Terimakasih sekian artikel kmai dengan judul "Bentuk Bentuk kerja sama Ekonomi Internasional IPS IX" semoga bermanfaat bagi anda, artikel ini di ambil dari LKS kelas 9 . Semoga bermanfaat bagi anda mohon maaf jika ada kesalahan kata di artikel ini, trimakasih.

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.