January 5, 2015

Terbentuknya Benua dan Samudra Ips Kelas 9

loading...
Hari ini saya akan memberikan artikel seputar ips kelas 9 dengan judul yakni "Terbentuknya Benua dan Samudra" Di artikel ini kami akan menjelaskan mengenai penjelasan tentang Terbentuknya Benua dan Samudra singkat. Berikut adalah artikel yang kami berikan


Terbentuknya Benua dan Samudra

Terbentuknya Benua dan Samudra Ips Kelas 9

Menurut seorang ahli meteorologi dan geofisika dari Jerman yang bernama Alfred Wegener , sebelum zaman Carbon (kurang lebih 300 juta tahun yang  lalu), semua benua yang ada di zaman ini sebelumnya menjadi satu, yang disebut dengan Benua Pangea. Kemuadian sekitar 135 juta tahun lalu, Benua pangepa tersebut terpecah menjadi dua benua, yakni Benua Laurasia (di bagian utara) dan Benua Gondwana (di Bagian selatan).


Terbentuknya Benua dan Samudra Ips Kelas 9
Benua Laurasia dan Gondwana 
Selanjutnya Benua Laurasia Bagian barat bergerak ke utara menjauhi benua Gondwana yang akhirnya membenruk Benua Amerika Utara . Sedangkan Benua Gondwana di selatan terpecah menjadi beberapa bagian benua, yakni sebagai berikut :

  • Pada Bagian Barat bergeser terus ke arah barat menjadi Benua Amerika Selatan.
  • Bagian Timur bergerak ke timur menjadi Benua Afrika
  • Pada bagian yang lebih kecil di bagian timur terus bergerak ke arah timur lau dan menjadi India.
  • Satu bagian lagi terpecah menjadi 2 bagian, yakni bagian timur terus bergerak ke arah timur laut, dan pecahan bagian barat terus bergerak ke arah selatan.

Terimakasih sekian artikel singkat penjelasan mengenai Benua dan Samudra ini, semoga artikel dingkat yang kemi berikan ini bermanfaat bagi anda. Mohon maaf jika terdapat kesalahan kata pada artikel yang kami berikan ini dengan judul "Terbentuknya Benua dan Samudra Ips Kelas 9" Trimakasih sudah berkunjung.
loading...

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.

loading...