January 28, 2015

Penjelasan dan Pengertian Praaksara

Hari ini kami aan memberikan artikel sejarah IPS dengan judul "Penjelasan dan Pengertian Praaksara" Kami akan membrikan artikel ini dengan sumber dari LKS dan sumber materi lainya. Di artikel ini kami akan memberika Penjelasan dan Pengertian Praaksara. 

Penjelasan dan Pengertian Praaksara

Pengertian Praksara

Apa yang dimaksud dengan Masa Praaksara ? Masa praaksara disebut juga masa prasejarah, yakni masa kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan. Manusia diperkirakan hidup pada masa praaksara adalah manusia purba. Pada masa ini, kita tidak dapat mengetahui sejarah serta kebudayaan manusia melalui tulisan.

Satu satunya sumber untuk mengetahui kehidupan manusia purba haya melalui penginggalan peninggalanya mereka yang berupa alat alat kehidupan fosil baik fosil hewan maupun tumbuh tumbuhan yang berkembang pada masa itu.

Penjelasan dan Pengertian Praaksara


Zaman praaksara berlangsung sangat lama, yakni sejak mansuia belum mengenal tulisan sampai manusia mulai mengenal tulisan. Zaman manusia mengenal dan menggunakan tulisan disebut zaman aksara atau zaman sejarah. 

Zaman praaksara di Indonesia berlangsung sampai abad ke-3 M. Jadi, pada abad ke -4 M manusia Indonesia baru mengenal tulisan. Hali tersebut dapat diketahui dari batu bertulis yang terdapat di Muara Kaman, Kalimantan Timur. Meskipun prasati tersebut tidak berangka tahun, tetapi bahasa dan bentuk huruf yang digunakan menunjukkan bahwa prasasti tersebut dibuat kurang lebih tahun 400M.


Sekian artikel kami dengan judul "Penjelasan dan Pengertian Praaksara" semoga artikel yang kami berikan ini bermanfaat bagi anda. Mohon maaf jika terdapat kesalahan kata di artikel ini. trimakasih.

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.