January 7, 2015

Pengertian, Syarat, dan Unsur Peta

Hari ini kami akan memposting sebuah artikel IPS kelas 7 Bab 4 Dengan judul bab adalah Peta, Atlas, dan Globe. Artikel ini dengan judul "Pengertian, Syarat, dan Unsur Peta membahas peta mengenai Pengertian, syarat, dan unsur dari peta tersebut.  Berikut adalah artikel yang kami berikan kepada anda.

Pengertian dari Peta

Peta merupakan bagian dari gambar, namun yang digambar yakni permukaan bumi. Pengertian secara umum yang dimaksud dengan peta adalah gambaran konvensional permukaan bumi yang dilihat dari atas digambar pada bidang datar, dan diperkecil dengan menggunakan skala. 

Pengertian, Syarat, dan Unsur Peta
Contoh Peta Kota Malang


Yang dimaksud dengan Gambaran Konvensional maksudnya adalah gambaran yang telah disepakati bersama di seluruh dunia, tujuannya agar terjadi keseragaman dalam pemahaman peta.

Syarat Serta Unsur dari Peta

Setiap peta yang benar yakni harus memenuhi beberapa unsur dan beberapa syarat. Yang dimaksud dengan Syarat peta adalah segala sesuatu yang harus dipenuhi dalam membuat atau menggambar peta sehingga dihasilkan peta yang baik, benar, dan pastinya menarik. Sedangkan yang dimaksud dengan Unsur peta adalah hal hal atau bagian yang harus terdapat dalam gambar peta yang baik dan benar. Apa saja syarat syarat dari peta ? dan apa saja unsurnya ? berikut :

1. Syarat syarat peta

Syarat syarat menggambar peta harus dipenuhi agar menghasilkan peta yang baik dan benar. Beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam menggambar peta antara lain adalah :
  • Equivalent.
    Apa yang dimaksud dengan equivalent ? Equivalnet artinya luas daerah pada peta harus sesuai dengan luas daerah yang sebenarnya di tempat atau lapangan.
  • Equidistant
    Apa yang dimaksud dengan Equidistant ? Equidistant artinya adalah jarak daerah pada peta harus sesuai dengan jarak daerah yang sebenarnya di lapangan dengan perbandingan sekala yang tepat. 
  • Conform
    Apa yang dimaksud dengan conform ? Conform artinya adalah bentuk dari daerah tersebut yang tergambar pada peta harus sesuai dengan bentuk daerah sesungguhnya di lapangan.

Peta harus mudah dipahami sehingga tidak membingungkan orang yang membaca atau melihat atau pengguna peta tersebut. Penyajian informasi pada peta haruslah lengkap, teliti, dan sistematis. 

Unsur Peta

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, yang dimaksud dengan unsur peta adalah segala sesuatu yang harus ada pada peta atau bagian bagian yang harus terdapat pada peta. Jika ada salah satu unsur peta yang tidak terpenuhi, maka peta tersebut tidak baik atau kurang baik. Berikut adalah beberapa unsur dari peta yang harus terdapat dalam peta.

1. Judul Peta
Judul dari peta mencerminkan isi utama dari peta, misalnya peta yang berjudul "Peta Indonesia" berarti peta tersebut isinya tentang keadaan dari negara Indonesia.

2. Skala Peta
Skala Peta menunjukkan perbandingan jarak di peta dengan jarak sesungguhnya di lapangan. Contoh peta berskala 1:1000.000, berarti 1 cm jarak di peta sama dengan 1 juta cm atau 10km jarak dilapangan atau jarak sebenarnya. Berdasarkan bentuknya, skala peta dikelompokkan menjadi dua yakni skala garis dan skala angka.

  • Skala Garis (Skala grafis)
    Pengertian dari skala garis adalah skala peta yang berbentuk garis dengan ukuran perbandingan tertentu. Skala garis biasanya diletakkan pada bagian dalam peta pokok di atas legenda atau didalam kolom legenda. 

  • Skala Angka (Skala Numerik)
    Merupakan skala yang berupa angka angka atau berbentuk angka. skala angka bisanya diletakan pada bagian ats legenda atau didalam kolom legenda. Berikut adalah contoh dari sekala angka :

    Peta bersekala 1:400.000. Artinya 1cm pada peta sama dengan 400.000 cm (4km) di permukaan bumi.

3. Penunjuk Arah atau Orientasi
Secara umum peta menggunakan orientasi utara artiya adalah bagian atas pada peta selalu menunjukkan arah utara. Bentuk atau simbol orientasi arah peta bermacam macam, salah satunya berupa anak panah dengan huruf U pada bagian atasnya.  

Orientasi arah pada peta biasnaya diletakkan di bagian mana saja yang kosong pada ruang dalam peta utama.


4. Simbol peta atau Lambang Peta
Simbol peta atau lambang peta ini ada berbagai macam simbol, penegrtian dari simbol peta adalah tanda tanda khsus pada peta yang mewakili objek yang dipetakan. Tujuan dari penggunaan simbol pada peta adalah untuk memudahkan pemakai peta dalam membaca dan memahami isi dari peta itu sendiri. Berdasarkan bentuknya, simbol peta dikelompokkan menjadi 4 berikut adalah penjelasanya :

  1. Simbol titik
    Simbol titik pada peta terdiri atas bermacam macam ukuran dan bentuk, ada yang berbentuk kotak, segitiga, lingkaran, dan bentuk lainya.
    Gambar Simbol titik pada Peta
    Gambar Simbol titik Peta


  2. Simbol Garis 
    gambar simbol garis pada peta
    gambar simbol garis pada peta
    Simbol garis berbentuk bermacam macam garis, Antara lain yakni : garis tebal, garis putus putus, garis sejajar, tanda tambah dan titik, tanda tambah dan kurang, dan lainya.


  3. Simbol Warna
    Gambar simbol warna peta
    Gambar simbol warna peta
    Warna yang digunakan tidak setiap warna yang dapat digunakan, hanya warna warna khusus yang digunakan. beberapa warna memiliki makna atau arti tertentu yang menggambarkan keadaan alam yang tergambar pada peta. Keadaan alam dan kenampakan sosial yang bisa dituliskan dengan simbol warna antara lain adalah : hasil budaya manusia (seperti : kota, jalan, candi, danlainya), dataran tinggi, dataran rendah, perairan, dan lain sebagainya.



  4. Simbol Area Atau wilayah
    Gambar Simbol Area Peta
    Gambar Simbol Area Peta
    Bukan sembarangan gambar yang dapat digunakan untuk simbol peta bagian ini, bentuk gambar unruk simbol peta adalah gambar gambar tertentu, seperti : pohon kelapa, padi, hewan, dan lain sebagainya. Gambar yang digunakan juga bukan gambar sebenarnya, biasanya dalam bentuk ilustrasi saja. Srtiap bentuk gambar pada simbol peta melambangkan keadaan benda yang digambar pada daerah uang dipetakan.



5. Garis Astronomis
Apa yang dimaksud dengan Garis Astronomis ? Garis astronomis merupakan garis lintang dan garis bujur dengan angka derajat yang dituliskan pada tepi garis peta. Gris Astronomis merupakan garis khayal yang sebenarnya tidak ada di permukaan bumi. GAris astronomis perlu dibuat pada peta, karena sangat penting dan sangat besar manfaatnya. Apa saja fungsi darigaris astronomis ? berikut :
  • Garis Lintang dan bujur untuk mencari lokasi suatu tempat atau daerah
  • Garis bujur untuk menentukan daerah waktu di daerah yang dipetakan
  • Garis Lintang untuk menentukan daerah iklim matahari daerah yang dipetakan.

6. Inset
Apa yangdimaksud dengan Inset ? Inset adalah peta kecil di dalam peta pokok yang fungsinya sebagai penunjuk lokasi daerah yang dipetakan terhadap daerah lain yang lebih luas. Terkadang inset di dalam peta pokok terutama tempat yang kosong. Inset digambar dengan skala yang berbeda dengan skala peta pokok

7. Lettering,
Merupakan pengangkaan (angka) dan pemberian tulisan pada sebuah peta. Setiap peta pasti terdapat tulisan angka atau huruf yang memberi penjelasan setiap kenampakan yang tergambar pada sebuah peta. Tulisan biasnaya digunakan untuk menuliskan nama sungai, danau, kota, dan nama lainya. Angka peta biasnaya digunakan untuk menulis angka derajat dan ketinggian suatu tempat.

8. Legenda
Apa yang dimaksud dengan legenda ? Legenda merupakan unsur atau bagian peta yang berisi keterangan simbol simbol peta. Tempat legenda pada peta terdapat pada peta utama di tempat yang longgar / luas.


Sekian artikel kami dengan judul "Pengertian, Syarat, dan Unsur Peta " Semoga artikel yang kami berikan bermanfaat bagi anda, kami mohon maaf jika ada kesalahan kata di artikel ini bila ada silahkan berkomentar untuk membantu memperbaikinya, sekali lagi kami terimakasih.

8 Comments

Click here for comments
Wahyu Nrury
admin
January 10, 2015 at 5:08 PM ×

wow.. keren mas.. detail juga...
sangat informatif...

salam...

Reply
avatar
Gerbang Ilmu
admin
January 10, 2015 at 7:19 PM ×

Trimakasih Banyak mas :)

Reply
avatar
September 21, 2015 at 6:03 PM ×

Mantap gan, sangat membantu dalam pelajaran geografi
Lanjutkan

Reply
avatar
Rani Rani
admin
January 24, 2016 at 12:46 PM ×

Terima Kasih, sangat membantu ^^

Reply
avatar
Gerbang Ilmu
admin
January 24, 2016 at 12:55 PM ×

Sama sama, trimakasih sudah berkunjung di gerbangilmu

Reply
avatar
August 21, 2016 at 10:30 PM ×

maaf mas sumbernya darimana ya?

Reply
avatar

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.