January 3, 2015

Macam Macam Teknik Rekayasa Reproduksi

Hari ini kami akan memposting sebuah artikel biologi dengan judul yakni "Macam Macam Teknik Rekayasa Reproduksi" Di artikel ini saya akan memberikan macam macam mengenai Teknik Rekayasa Reproduksi dengan singkat. Berikut adalah artikel yang kami berikan.

Kultur Jaringan

Yang pertama adalah Kultur jaringan, Apa yangdimaksud dengan Kultur Jaringan ? Kultur jaringan (sel) adalah mengkultur atau membiakkan jaringan (sel) untuk memperoleh individu baru.

Apa Manfaat atau keuntungan dari kultur jaringan ? 

Manfaat atau keuntungan dari kultur jaringan adalah :
  • Bibit atau hasil yang didapat berjumlah banyak dan dalam waktu yang singkat
  • Metabolit sekunder tanaman segera didapat tanpa perlu menunggu tanaman dewasa
  • Sifat identik dengan induk
  • Dapat diperoleh sifat sifat yang dikehendaki

Kloning

Apa yang dimaksud dengan Kloning ? Kloning adalah penggunaan sel somatik makhluk hidup multiseluler untuk membuat satu atau lebih individu dengan materi genetik yang sama atau identik. Kloning ditemukan pada tahun 1997 oleh Dr. Ian Willmut yakni seorang ilmuan dari skotlandia dengan menjadikan sebuah sel telur domba yang telah direkayasa menjadi seekor domba tanpa ayah atau tanpa perkawianan.

Macam Macam Teknik Rekayasa Reproduksi
Foto domba Dolly dan Ian Willmut
Apa yang dimaksud Kloning
Foto Domba dolly


Domba hasil rekayasa tersebut diberi nama dengan nama domba Dolly. Bagaimana cara kloning domba dolly yang dilakukan oleh Dr. Ian willmut ? Caranya adalah sebagai berikut
  • Mengambil sel telur yang ada dalam ovarium domba betina, dan mengambil kelenjar mamae dari domba betina lain.
  • Selanjutnya mengeluarkan nukleus sel telur yang haploid
  • Lalu memasukan sel kelenjar mamae ke dalam sel telur yang tidak memilki nukleus lagi.
  • Sel telur dikembalika ke uterus domba induknya semula 
  • Sel telur yang mengandung sel kelenjar mamae dimasukkan ke dalam uterus domba, kemudian domba tersebut akan hamil dan melahirkan anak hasil darikloning
Jadi, domba hasil kloning merupakan domba hasil perkembangbiakan secara vegetatif karena sel telur tidak  dibuahi oleh sperma.

Penjelasan Makhluk Hidup Transgenik

Makhluk hidup transgenik sering kali disebut juga dengan istilah GMO kepanjangannya adalah ( Genetically Modified Organisms) yang merupakan hasil rekayasa genetika. Tekhnik ini mengubah faktor keturunan untuk mendapatkan sifat yang baru. Teknik ini dikenal dengan rekayasa geenrika atau teknologi plasmid. Pengubahan gen dilakukan dengan jalan menyisipkan gen lain ke dalam plasmid sehingga menghasilkan Individu yang memiliki sifat tertentu sesuai dengan keinginan si pembuat.

Teknologi tersebut dapat anda pelajari dari beberapa aplikasi yang telah dikembangkan oleh manusia, antara lain sebagai berikut :

1. Produksi Insulin

Caranya adalah dengan menyambungkan gen pengontrol pembuatan insulin manusia ke dalam DNA bakteri. Kemudian dari hasil penyambungan tersebut akan terbentuk bakteri baru yang mampu penghasilkan hormon insulin manusia. Bakteri ii dipelihara di laboraturium untuk menghasilkan insulin. Insulin yang dihasilkan bisa untuk mengobati penyakit kencing manis.

2. Menciptakan bibit unggul

Rekayasa geentika untuk memperbaiki tumbuhan supaya enjadi lebih baik, yakni :
  • Rekayasa tumbuhan yang mampu melakukan fiksasi nitrogen. Teknologi ini mampu membuat tanaman yang bisa memupuk dirinya sendiri.
  • pencangkokan gen pembentuk pestisida pada tumbuhan sehingga mampu menghasilkan pestisida mematikan hama
  • Rekayasa genetika yang mampu menciptakan tanaman yang mampu memproduksi zat anti kaogulan.

Inseminasi buatan

Selanjutnya adalah Hibridasi, Apa yangdimaksud dengan inseminasi buatan ? inseminasi buatan  adalah pembuahan atau fertilisasi yang terjadi pada sel telur dengan sperma yang disuntikan pada kelamin betina. Jadi, fertilisasi ini tidak membutuhkan hewan jantan, tetapi hanya membutuhkan spermanya saja. 

Teknologi ini menggunakan metode penyimpanan sperma pada suhu rendah yakni antara -80 derajat Celcius sampai -20 derajat Celcius. JAdi untuk mendapatkan bibit pejantan unggul untuk mengawini bibit brtina lokal tidak perlu dengan membawa individunya tetapi cukup dengan membawa spermanya. Hal ini juga memudahkan proses pengiriman dari suatu negara ke negara lain.

Bayi Tabung

Apa yang dimaksud dengan Bayi Tabung ? Bayi tabung adalah bayi yang merupakan hasil pembuahan yang berlangsung di dalam tabung. Teknologi ini sebenarnya kelanjutan dari teknologi inseminasi buatan, hanya proses pembuatan pada bayi tabung terjadi di luar tubuh, sedangkan inseminasi terjadi di dalam tubuh. keduanya sama sama merupakan perkembangbiakan generatif.

Kita biasanya sering mendengar istilah bayi tabung bagi pasangan yang kesulitan untuk mendapatkan kuturunan. Hal ini merupakan jalan pintas bagi pasangan tersebut untuk segera mendapatkan keturunan.


terimakasih sekian artikel kami dengan judul "Macam Macam Teknik Rekayasa Reproduksi" mohon maaf bila ada kesalahan kata dari artikel yang kami berikan ini. Artikel ini bersumber dari Buku latihan soal Jogja teachers club. Trimakasih banyak karena sudah membaca dan berkunjung di artikel ini.

2 Comments

Click here for comments
Gerbang Ilmu
admin
January 21, 2016 at 5:40 PM ×

Mohon maaf untuk ketidaknyamananya di artikel ini. Kami akan sebisa mungkin membuat artikel dengan lengkap. Trimakasih sudah berkunjung di Gerbangilmu

Reply
avatar

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.