January 6, 2015

Jenis Jenis Magnet Fisika Bab Kemagnetan

Hari ini saya akan memberikan sebuah artikel fisika kelas 9 dengan judul "Jenis Jenis Magnet Fisika Bab Kemagnetan" Di artikel ini saya akan memberikan sebuah artikel mengenai Jenis jenis magnet berdasarkan sifat, bentuk, dll. Berikut adalah artikel yang kami berikan

Jenis Jenis Magnet 

Jenis Jenis Magnet Fisika Bab Kemagnetan
Gambar Magnet U

Berdasarkan sifat bahanya, magnet dibedakan menjadi berikut ini :

1. Bahan Magnetik (Ferromagnetik)
Bahan Magnetik (Ferromagnetik) Adalah bahan yang ditarik dengan kuat oleh magnet. Bahan Magnetic atau ferromagnetic digolongkan menjadi dua yaitu magnet keras dan magnet lunak.

  • Magnet Keras : Yakni bahan yang sulit menjadi magnet, tetapi sukar dihilangkan kemagnetannya (jika sudah menjadi magnet) Contoh dari Magnet keras adalah : Baja

  • Magnet lunak : Yakni bahan yang mudah menjadi magnet tetapi mudah pula dihilangkan sifat kemagnetannya. Contoh dari magnet lunak adalah : Besi
Jadi Bahan Magnetik atau ferromagnetik adalah bahan yang ditarik kuat oleh magnet, contoh nya adalah : besi, baja, kobalt.


2. Bahan Non Magnetik 
Bahan Non magnetik dibedakan menjadi dua macam yakni :
  • Paramagnetik.
    Apa yang dimaksud dengan Paramagnetik ? Paramagnetik adalah bahan yang diatrik dengan lemah oleh magnet . Contoh dari paramagnetik adalah : Alumunium

  • Diamagnetik.
    Apa yang dimaksud dengan Diamagnetik ? Diamagnetik adalah bahan yang ditolak dengan lemah oleh magnet. Contoh dari Diamagnetik adalah : emas.



Magnet terbagi menjadi dua jenis, yakni magnet alam dan magnet buatan. Magnet buatan terdiri dari magnet tetap dan magnet sementara. Cara membuat magnet adalah dengan 3 cara, yakni Cara menggosok, induksi, dan elektromagnetik.

Untuk cara menghilangkan sifat magnet buatan adalah dengan cara dipukul pukulkan, dipanasi, dan diusap. Magnet terdiri dari dua kutub yakni kutub utara dan kutub selatan.



Berdasarkan bentuknya, magnet dibedakan menjadi

Gambar bentuk bentuk magnet
Gambar bentuk bentuk magnet

  1. Magnet batang
  2. Magnet jarum
  3. Magnet silinder
  4. Magnet lingkaran
  5. Magnet ladam atau tapal kuda atau magnet U

Berdasarkan terjadinya, magnet dibedakan menjadi :

  1. Magnet alam
  2. Magnet Buatan

Berdasarkan Sifatnya, magnet dibedakan menjadi :

  1. Magnet sementara
  2. Magnet permanen

Terimakasih sekian artikel saya dengan judul "Jenis Jenis Magnet Fisika Bab Kemagnetan" Semoga artikel yang saya berikan ini bermanfaat bagi anda. Mohon maaf jika ada kesalahan kata ataupun kekurangan kalimat pada artikel ini, mari baca artikel menarik lainya di gerbangilmu. 

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.