January 21, 2015

Cara Mencetak Jalur rangkaian pada PCB Polos yang benar

Hari ini kami akan memberikan sebuah cara mengenai Praktek membuat rangkaian di PCB polos, dan cara menyablonnya. Di artikel ini kami akan memberikan bagaimana cara menyablon Jalur rangkaian pada PCB polos dengan hasil yang baik. 

Cara Mencetak Jalur rangkaian pada PCB Polos yang benar
Gambar PCB Polos

Cara Mencetak Jalur rangkaian pada PCB Polos yang benar

Langkah awal yang dilakukan membuat rangkaian pada PCB polos adalah mencetak jalur nya dahulu berikut adalah langkah langkahnya :
  1. Siapkan alat alat nya dahulu seperti : setrika, amplas, dan selembar kertas (HVS), serta bahan berupa PCB polos dan gambar rangkaian yang akan di cetak.
  2. Bersihkan permukaan PCB dengan menggunakan amplas sampai mengkilap (Bebas dari kotoran yang menempel)
  3. Panaskan PCB yang telah dilapisi selembar kertas menggunakan setrika.
  4. Apa bila PCB sudah Panas, tempelkan gambar rangkaian pada permukaan PCB (gambar rangkaian menghadap ke bawah menempel pada permukaan PCB). Maka gambar rangkaian akan merekat pada PCB.
  5. Lapisi lagi menggunakan selembar kertas, kemudian gosok sambil sedikit tekanan dengan menggunakan setrika yang sudah panas. Lakukan 5-10 menit dengan di gosok dan ditekan.
  6. Cek apabila jalur rangkaian tersebut sudah menempel pada PCB atau belum, dengan cara yaitu membuka sedikit pada salah satu sudut gambar. Apabila jalur sudah terlihat menempel, maka langsung rendam PCB pada air tanpa melepas gambar rangkaian.
  7. Tunggu sampai beberapa menit sampai PCB tidak panas lagi.
  8. Lepas dan bersihkan Kertas yang masih menempel pada PCB dengan pelan agar garis rangkaian tidak terlepas dari PCB.
  9. Sedangkan jika ada jalur rangkaian yang terputus, maka sambungkan dengan menggunakan Spidol permanent atau bisa juga "Snowman OPM" (jika rangkaian yan putus tidak banyak).

Langkah Selanjutnya adalah Bagaimana melepas lapisan tembaga pada PCB yang akan dijadikan sebagai rangkaian sendiri. Berikut adalah langkah langkah nya.

  1. Siapkan alat berupa wadah yang terbuat dari plastik (seperti waskom) dan bahan pelarut yang berupa ferryclorid secukupnya.
  2. Rebus air secukupnya, kemudian tuangkan air pada wadah plastik tersebut (jangan terlalu banyak airnya, tinggi airnya skitar 1-2 cm dari dasar wadah).
  3. Pakailah sarung tangan plastik untuk melindungi tangan dari larutan ferryclorid, dan penutup hidung seperti masker agar tidak terhirup asap ferriclorid.
  4. Campurkan ferriclorid (sekitar 2 sendok) ke dalam air panas, aduk hingga air tercampur rata dengan ferryclorid.
  5. Masukan PCB yang sudah dicetak jalurnya sebelumnya pada wadah yang berisi larutan ferryclorid. Goyangkan ke kanan dan kiri sehingga permukaan PCB tersapu dengan aliran air.
  6. Apa bila lapisan tembaga sudah menghilang, angkat PCB dan cucilah dengan air bersih
  7. Gosok PCB sampai jalur yang berwarna hitam menhilang, sehingga tersisa jalur tembaga yang daapt di aliri arus.

Selesai, sekian mudah sekali bukan membuat rangkaian pada PCB polos ? tentunya bila tidak ingin susah anda dapat meneggunakanPCB yang lainya seperti PCB matrix. Di pelajaran keterampilan Elektro terkadang guru menyuruh siswanya untuk membuat rangkaian dengan menggunakan PCB polos. Trimakasih sekian artikel saya dengan judul "Cara Mencetak Jalur rangkaian pada PCB Polos yang benar" semoga bermanfaat

9 Comments

Click here for comments
January 21, 2015 at 4:26 PM ×

Bermanfaat sekali caranya

Reply
avatar
Mitra Detik
admin
January 22, 2015 at 9:10 PM ×

dari awal sampai akhir aq belum tau apa itu PCB mas,,, jadi bingung mas apa itu PCB

Reply
avatar
Gerbang Ilmu
admin
January 23, 2015 at 2:02 PM ×

Pcb adalah printed circuit board , di PCB ini kamu bisa membuat rangkian elektronika , pcb ada berbagai macam bentuknya. Untuk yang ini , menggunakan pcb polos.

Reply
avatar
Irvan Dev
admin
January 24, 2015 at 2:50 PM ×

keren tutornya mas..... :D kunjungan baliknya di tunggu http://irvandev.blogspot.com

Reply
avatar
October 22, 2016 at 7:50 AM ×

Kertas yang dimaksud kertas apa Mas?

Reply
avatar
October 22, 2016 at 7:51 AM ×

Kertas yang dimaksud kertas apa Mas?

Reply
avatar

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.