January 9, 2015

Bentuk dan jenis Peta beserta penjelasan

Hari ini kami akan memposting sebuah artikel mengenai IPS Geografi kelas 7 dengan judul "Bentuk dan jenis Peta beserta penjelasan" Di artikel ini kami akan memberikan sebuah artikel mengenai Bentuk serta jenis peta beserta penjelasan dari bentuk dan jenis peta tersebut. Berikut adalah artikel yang kami berikan.

Baca Juga : Pengertian, Syarat, dan Unsur Peta

Bentuk Bentuk Peta

Peta yang sering sekali kita jumpai berbentuk datar atau peta biasa yang hanya tergambar diatas lembaran kertas. Sebenarnya ada berbagai macam bentuk bentuk dari peta yang terdapat sekarang ini, di zaman modern ini peta semakin mudah sekali kita temukan dan mudah sekali di pakai seperti peta digital. Berikut adalah berbagai penjelasannya .

1. Peta Digital

Apa yang dimaksud dengan peta digital ? Peta digital adalah peta yang berbentuk film atau disket yang baru busa dilihat setelah ditayangkan pada layar atau monitor (Pengertian dari lks Ktsp 2006). Sekarang Peta digital lebih modern lagi dari pada peta digital lama, peta digital yang kita bisa lihat langsung melalui internet adalah peta milik maps.google.com , selain itu peta digital tidak hanya ada di komputer saja, kini peta digital dapat lebih mudah di akses melalui ponsel anda (ponsel berbasis android, dll)

Bentuk dan jenis Peta beserta penjelasan
Merupakan contoh peta Digital


2. Peta Datar atau Peta Biasa

apa yang dimaksud dengan peta datar atau peta biasa ? peta datar atau peta biasa adalah peta yang dibuat pada bidang datar, seperti pada kertas dengan lambang lambang atau simbol simbol untuk menggambarkan kenampakan bumi. Peta datar juga di sebut peta dua dimensi sebab mengandung dua unsur, yakni unsur panjang dan unsur lebar. 

3. Peta Timbul atau Peta Relief

Apa yang dimaksud dengan peta timbul atau peta relief ? Peta timbul atau peta relief adalah peta yang dibuat berdasarkan bentuk muka bumi yang sebenarnya. Peta tmbul juga disebut peta tiga dimensi, sebab mengandung 3 unsur, yakni unsur panjang, lebar, dan unsur tinggi.

Bentuk dan jenis Peta beserta penjelasan
Gambar Peta timbul dunia


Simbol simbol yang digunakan dalam peta relief / timbul juga berbentuk 3 dimensi, seperti kubus, balok, san lain sebagainya. Pada peta timbul keadaan tinggi rendahnya permukaan bumi terlihat dengan jelas sehingga pembaca peta dapat mengetahu permukaan bumi yang ada.


Jenis Jenis dari Peta

Jenis peta berbeda dengan bentuk peta. jenis peta merupakan pengelompokkan peta yang didasarkan pada isi serta skala peta. Sedangkan bentuk peta lebih kepada gambar peta yangnyata. Terdapat dua dasar pengelompokan jenis jneis dari peta, yakni berdasarkan skalanya serta berdasarkan isinya. Berikut adalah penjelasannya.

1. Berdasarkan skalanya

Berdasarkan skalanya peta dikelompokkan menjadi 5, yakni sebagai berikut :
  1. Peta kadaster atau peta Teknik , merupakan peta yang menggunakan skala antara 1 : 100 sampai dengan 1 : 5000
  2. Peta skala Besar, merupakan peta yang menggunakan skala antara 1:500 - 1:250.000.
  3. Peta skala sedang, merupakan peta yang menggunakan skala antara 1:250.000 - 1:500.000
  4. Peta skala kecil, merupakan peta yang menggunakan skala antara 1:500.000 - 1:1.000.000
  5. Peta geografis, merupakan peta yang menggunakan skala 1:1000.000 ke atas.

2. Berdasarkan Isi

Berdasarkan dari isinya, peta dikelompokkan menjadi 2 macam, yakni Peta khusus dan Peta Umum, berikut adalah penjelasan mengenai 2 peta tersebut sebagai berikut :

Peta Khusus atau Peta Tematik

Apa yang dimaksud dengan peta khusus ? peta khusus adalah peta yang menggambarkan keadaan keadaan tertentu atau keadaan khusus daerah yang dipetakan. Seperti peta yang khusus menggambarkan keadaan iklim saja, menggambarkan keadaan penduduk saja, menggambarkan hasil pertanian saja, dan menggambarkan lainya.  Berikut adalah beberapa contoh peta tematik :
  • Peta persebaran Hasil pertanian
    Merupakan peta khsus hasil pertanian yang menggambarkan persebaran hasil dari pertanian pada daerah yang dipetakan. Setiap dari hasil pertanian diberi tanda tertentu, seperti jagung dibseri tanda gambar jagung, tebu di beri tanda gambar tebu. dan lain sebagainya
  • Peta Iklim Matahari
    Merupakan meta khsus yang menggambarkan keadaan iklim matahari yang meliputi iklim tropis, subtropis, sedang, dan dingin pada daerah tertentu.
Peta khsus yang menggambarkan data secara statistik atau datanya berupa angka angka disebut peta statistik. Berdasarkan sifat data yang disajikan peta statistik dibedakan menjadi dua, yakni Peta statistik distribusi Kualitatif dan Distributif Kuantitatif, berikut penjelasanya:
  • Peta statistik distribusi Kualitatif
    Merupakan peta khsus yang menggambarkan penyebaran data statistik yang bersifat kualitatif berbentuk pernyataan ataupun tulisan tanpa memperhitungkan secara detail mengenai jumlah. Apa contohnya ? contonhnya adalah Peta agama, dalam hal ini tidak menunjuk jumlah pemeluk agama yang ada pada daerah yang dipetakan, tetapi hanya menunjukkan daerah tertentuu saja.
  • Peta statistik Distributif Kuantitatif
    Merupakan peta khsus yang menggambarkan penyebaran data data statistik yang berbentuk angka angja. Data data statistik yang digambarkan berupa angka angka, seperti jumlah hasil pertanian padi, penduduk, dan lain sebagainya.

Peta Umum atau peta Topografi

Apa yang dimaksud dengan Peta umum atau peta topografi ? Peta umum merupakan Peta yang menggambarkan atau melukiskan kenampakan alam secara umum. Jadi semua yang ada di daerah yang dipetakan digambarkan, seperti jalan raya, gunung, pegunungan, bahkan sampai ketinggian suatu tempat. Contoh dari peta umum adalah : peta Benua Amerika, Peta Benua Australia, Peta Indonesia, dan lain sebagainya.


Terimakasih sekian artikel kami dengan judul "Bentuk dan jenis Peta beserta penjelasan" Semoga artikel yang kami berikan ini bermanfaat bagi anda. Mohon maaf jika ada kesalahan kata ataupun kekurangan kata pada kalimat di artikel yang kami berikan ini.

6 Comments

Click here for comments
January 11, 2015 at 8:40 AM ×

Trimakasih penjelasannya mengenai Bentuk dan jenis peta :D bermanfaat sekali

Reply
avatar
sulis tio
admin
January 15, 2015 at 5:21 PM ×

wahhh pelajaran favorite saya ini om :D
hayuk om main main ke blog saya http://tips-sulis.blogspot.com :D

Reply
avatar
Gerbang Ilmu
admin
January 15, 2015 at 7:40 PM ×

Trimakasih kunjungannya, Sip mas saya langsung ke blognya :)

Reply
avatar
Gerbang Ilmu
admin
November 22, 2015 at 11:41 AM ×

Sama sama, trimakasih telah membaca artikel Bentuk dan jenis Peta beserta penjelasan

Reply
avatar

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.