December 28, 2014

Tipe dan Jenis Jenis Kromosom, Biologi

loading...
Hari ini kami akan memposting sebuah artikel dengan judul "Tipe dan Jenis Kromosom, Biologi" Di artikel ini kami akan memberikan tentang Tipe dan Jenis Kromosom berdasarkan fungsinya. Berikut artikel nya

Tipe dan Jenis Kromosom, Biologi

Berdasarkan fungsinya, kromosom dibedakan menjadi 2 tipe, yakni :
  1. kromosom tubuh (autosom)
    adalah kromosom yang menentukan ciri ciri tubuh
  2. Kromosom kelamin (gonosom)
    Adalah kromosom yang menentukan jenis kelamin pada individu jantan atau betina atau pada manusia pria atau wanita. Contohnya : pada kromosom lalat buah (Drosophila melanogaster) memiliki empat pasang kromosom, terdiri atas 3 pasang autosom dan 1 pasang gonosom.
Tipe dan Jenis Jenis Kromosom, Biologi
Tipe dan Jenis Jenis Kromosom, Biologi

Jenis Jenis Kromosom

Secara garis besar, jenis jenis kromosom dikelompokan menjadi berikut ini.

1. Kromosom Homolog

Apa yang dimaksud dengan Kromosom Homolog ? Kromosom homolog adalah Kromosom yang berpasang pasangan, selalu mempunyai bentuk, panjang, letak sentromer, dan struktur yang sama atau hampir sama. Apa itu Sentromer ? Sentromer adalah kepala atau pusat kromosom, letaknya ada yang di tengah, ujung, dan sepertiga panjang kromosom. 

Pada tubuh manusia terdapat 46 kromosom, terdiri atas 23 kromosom berpasangan (homolog). Setiap pasang kromosom homolog merupakan satu macam, sehingga kromosom sel tubuh manusia terdiri atas 23 macam.

2. Kromosom Diploid (2n)

Ploid adalah jumlah perangkat kromosom, jadi kromosom diploid adalah dua perangkat kromosom. Kromosom diploid terjadi karena kromosom selalu berpasangan (homolog), maka di dalam setiap inti sel tubuh terdapat dua set atau dua perangkat kromosom (diploid).

3. Kromosom Haploid (n)

Haploid adalah kromosom yang tidak memiliki pasangan atau hanya memiliki seperangkat kromosom. Pada waktu pembentukan sel kelamin, sel induk kelamin membelah secara meiosis sehingga sel kelamin mengandung kromosom setengah dari jumlah kromosom sel induknya. Jadi, kromosom sel kelamin manusia tetap mengandung 23 kromosom tetapi tidak berpasangan.


Terimakasih sekian artikel kami dengan judul "Tipe dan Jenis Jenis Kromosom" semoga artikel yang kami berikan bermanfaat bagi anda. Artikel ini bersumber dari UML Biologi SMP kelas 9, mohon maaf jika ada kesalahan kata di artikel ini.

loading...

4 Comments

Click here for comments
helmi junior
admin
December 31, 2014 at 3:56 PM ×

Kebetulan saya belum baca pelajaran ini pas kelas 9.

Thank ilmunya sob

Reply
avatar
January 4, 2015 at 9:39 PM ×

mantap ilmunya mas

buat siap siap mau masuk sekolah habis liburan :)

Reply
avatar

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.

loading...