December 30, 2014

Sejarah Singkat Bioteknologi

Hari in saya akan menulis artikel seputar Biologi dengan judul "Sejarah Singkat Bioteknologi " Di artikel ini kami akan memberikan sebuah artikel mengenai Sejarah bioteknologi dengan singkat dan lengkap. Berikut artikelnya.

Bisakah anda hidup tanpa adanya teknologi ? Mungkin tidak akan bisa. Perhatikan aktivitas anda sehari hari yang selalu menggunakan hasil hasil teknologi. Anda menonton TV, pergi sekolah dengan kendaran berotor, berkomunikasi dengan smartphone, bekerja dengan laptop, dan sebagainya. Semuanya yang telah dicontohkan tersebut adalah produk teknologi.

Demikian juga yang berkaitan dengan sandang, pangan, papan dan pengobatan juga menerapkan teknologi. Sebagai contoh : mungkin anda pernah melihat semangka tanpa biji, mendengar tentang kloning domba atau anjing. Itu semua adalah hasil penerapan teknologi pada organisme untuk menghasilkan produk yang bermanfaat, dan dikenal dengan Bioteknologi. Dan berikut adalah sejarah singkat mengenai bioteknologi :

Sejarah Singkat Bioteknologi
Sejarah Singkat Bioteknologi 

Sejarah Singkat Bioteknologi 

Bioteknologi bukanlah merupakan ilmu yang baru dalam peradaban manusia. Bioteknologi telah dilakukan sejak zaman prasejarah, antara lain untuk menghasilkan minuman berakohol dan makanan yang difermentasikan. Bioteknologi mengalami perkembangan secara bertahap. Semenjak awal diterapkan, sampai dengan tahun 1857 disebut era bioteknologi non-mikrobial. Disebut bioteknologi era non mikrobal karena pada saat itubelum diketahui bahwa makanan produk fermentasi merupakan hasil kerja mikroorganisme.

Bioteknologi dimensi baru (bioteknologi mikrobial) dimulai sejak 1857 setelah Louis Pasteur menemukan bahwa fermentasi yang terjadi dalam pembuatan anggur merupakan hasil kerja mikroorganisme. Makanan atau minuman yang diproduksi melalui proses fermentasi antara lain tempe, tape, sake (berasal dari jepang), tuak, anggur, dan youghurt.

Pada tahun 1920 proses fermentasi yang ditimbulkan oleh mikroorgaisme mulai digunakan untuk memproduksi zat zat seperti aseton, butanol, etanol, dan gliserin. Fermentasi juga digunakan untuk memproduksi asam laktat, asam sitrat, dan asam asetat dengan menggunakan jasa bakteri. 

Setelah perang dunia 2 dihasilkan produk bioteknologi lain misalnya penisilin dari jamut Penicillium notatum. Keberhasilan ini diikuti dengan penelitiam kemampuan mikroorganisme lain menghasilkan anitibiotik dan zat zat lain seperti steroid, vitamin, enzim, asam amino, dan senyawa senyawa protein tertentu.

Perkembangan teknologi mutakhir yang dibarengai dengan perkembangan di bidang biokimia, biologi seluler, dan biologi molekuler melahirkan teknologi enzim dan rekayasa genetika yang akhirnya mengantarkan kita ke suatu era bioteknologi modern. Kini bioteknologi telah benar benar digunakan untuk menjawab berbagai tantangan kehidupan manusia. (Sumber: LKS UML Biologi SMP kelas 9- lks cerah)

Terimakasih sekian artikel kami dengan judul "Sejarah Singkat Bioteknologi " Semoga artikel yang kami berikan bermanfaat bagi anda. 

2 Comments

Click here for comments
December 30, 2014 at 5:46 PM ×

semoga sukses blognya mas, seperti ini langkah-langkah kecil mencerdaskan anak bangsa. saya support 100%. mantap (Y)

www.luthfionline.web.id

Reply
avatar
Gerbang Ilmu
admin
January 2, 2015 at 10:04 AM ×

Sip trimakasih banyak :)

Reply
avatar

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.