December 24, 2014

Rangkuman Struktur dan Fungsi Akar

Hari ini saya akan memposting artikel dengan judul "Rangkuman Struktur dan Fungsi Akar " Di artikel ini kami akan memberikan rangkuman singkat mengenai Struktur dan FUngsi Akar. Berikut artikelnya.

Rangkuman Struktur dan Fungsi Akar
Rangkuman Struktur dan Fungsi Akar 

Struktur dan Fungsi Akar

Struktur akar gambar
Struktur akar gambar


Struktur luar (Morfologi) akar terdiri atas rambut akar dan tudung akar atau kaliptra.  

  • Rambut akar adalah Perpanjangan dari epidermis akar, terdapat di dekat ujung akar, Rambut akar berfungsi menyerap air dan garam mineral dari dalam tanah.
  • Kaliptra (tudung akar). Terdapat di ujung akar, Fungsi Kaliptra adalah melindungi sel sel akar dari kerusakan karena pertumbuhan menembus tanah. 

Struktur dalam (anatomi) akar secara berurutan dari luar ke dalam (penampang melintang) adalah epidermis,korteks, endodermis, dan silinder pusat.
  • Epidermis adalah selapis sel yang melapisi permukaan luar akar.
  • Korteks tersusun dari sel sel parenkim, sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan.
  • Endodermis adalah selapis sel tebal yang membatasi daerah korteks dengan silinder pusat. Endodermis mengatur aliran air dan mineral masuk ke xilem.
  • Silinder Pusat Tersusun dari periskel serta berkas pembuluh xilem (pembuluh kayu) dan floem (pembuluh tapis).

Fungsi Akar.

Berikut adalah fungsi akar :
  1. Membantu pernapasan (secara difusi)
  2. Menyimpan cadangan makanan (seperti umbi umbian)
  3. Menyerap air dan garam mineral dari dalam tanah (oleh rambut akar secara osmosis)
  4. Melekatkan tumbuhan ke tanah.


Air dan Zat terlaur dari dalam tanah masuk ke akar melalui rambut akar, lalu ke korteks, kemudian melalui sel penerus di antara endodermis, menuju ke xilem. Pertukaran udara melalui akar berlangsung pada lapisan epidermis ujung akar yang memiliki rambut akar. Dari rambut akar, oksigen masuk ke sel sel yang lebih dalam secara difusi. 

Tumbuhan tertentu memiliki alat bantu pernapasan khusus, contohnya padi dan kangkung. Batang tumbuhan air umumnya berongga udara. Anggrek memiliki akar napas, bakau dan kayu api memiliki akar tunjang, beringin memiliki akar gantung.

Tumbuhan mengambil air dan garam mineral dari dalam tanah melalui akar secara osmosis. Apa itu Osmosis ? Osmosis adalah perpindahan molekul air dari larutan yang kurang pekat ke larutan yang lebih pekat melalui membran semipermabel.


Terimakasih sekian artikel kami dengan judul "Rangkuman Struktur dan Fungsi Akar " Semoga artikel yang kami berikan bermanfaat bagi anda. Mari membaca artikel lainya seputar rangkuman berbagai artikel pelajaran di gerbang ilmu, banyak pilihan artikel pelajaran disini. Artikel ini bersumber dari mandiri kelas 8 smp. Trimakasih banyak.

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.