December 24, 2014

Rangkuman Sistem Peredaran Darah Manusia

Hari ini bertepatan tanggal 24 desember di hari libur sekolah yang tetap menulis artikel pelajaran, kami akan memposting sebuah artikel Biologi dengan judul "Rangkuman Sistem Peredaran Darah Manusia" Di artikel ini kami akan memberikan Singkat mengenai Sistem peredaran darah manusia singkat dan padat. Berikut artikelnya.

Rangkuman Sistem Peredaran Darah Manusia
Rangkuman Sistem Peredaran Darah Manusia

Komponen yang terdapat dalam Darah

Darah terdiri dari plasma darah dan sel sel darah. Berpakah volume darah Manusia ? Volume darah manusia sekitar 8% dari berat tubuhnya (4,5-5liter). Darah dapat menjaga kestabilan suhu tubuh. Darah tersusun atas bagian yang cair (Plasma Darah) dan bagian yang padat (Sel darah). 

Plasma Darah terdiri dari air, serum, protein (albumin, hormon, globulin, protombin, fibrinogen), garam garam mineral, dan bahan bahan organik. Apa fungsi Plasma darah ? Plasma darah berfungsi mengangkut sari sari makanan dari usus ke hati lalu ke seluruh tubuh, Carbon dioksida dari jaringan tubuh ke paru paru, urea dari hati ke ginjal, dan hormon dari kelenjar hormon ke seluruh tubuh. 

Sel sel darah terdiri dari eritrosi (sel darah merah), leukosit (sel darah putih(, dan trombosit (keping darah). Eritrosit berbentuk bikonkaf, tidak berinti, dan mengandung hemoglobin. Hemoglobin dapat mengikat oksigen. Apa fungsi Eritrosit? Eritrosit berfungsi mengangkut oksigen dari paru paru ke seluruh tubuh. Eritrosit yang sudah tua dirombak di hati dalam limpa. Di dalam hati, hemoglobin dirombak menjadi zat warna empedu (bilirubin).

eritrosit gambar
Gambar eritrosit 


Sedangkan Leukosit, Leukosit bentuknya tidak tetap, memiliki inti, dan tidak berwarna. Fungsi utamanya melawan bibit penyakit dengan cara memakannya (Sel Fagosit) dan degan membentuk antibodi dan antitoksin (Sel limfosit(. Fagosit dibedakan menjadi monosit, basofil, eosinofil, dan neutrofil.

Leukosit


Trombosit Berbentuk tidak teratur dan tidak berinti. Apa fungsi Trombosit ? Trombosit berfungsi untuk pembekuan darah. Saat jaringan luka, trombosit pecah dan mengeluarkan hormon trombokinase atau tromboplastin yang mengaktifkan protombin menjadi trombin (dengan bantuan ion kalsium dan Vitamin K). Trombin merangsang fibrinogen membentuk benang benang fibrin yang menyebabkan darah menjadi beku. Dan berikut adalah Skema Pembekuan darah :

Skema Pembekuan Darah :

Terjadi luka è  darah keluar è  keping darah (trombosit) pecah è  Menghasilkan enzim trombokinase è  bersama ion kalsium dan vitamin K mengubah protombin menjadi trombin è  memengaruhi fibrinogen membentuk benang benang fibrin è  menutup luka. 


Alat Peredaran Darah 

Alat peredaran darah terdiri dari jantung dan pembuluh darah. Di mana letak jantung ? Letak jantung terletak di rongg dada agak disebelah kiri, dan besarnya sekepalan tangan anda. 

Jantung - alat peredaran darah


Jantung terbagi atas 4 ruang yakni : serambi (atrium) kanan dan kiri, serta bilik (ventrikel) kanan dan kiri. Antara serambi dan bilik dibatasi oleh sekat berkatup (sebelah kanan katup trikuspidalis, sedangkan kiri katup bikuspidalis). Darah pada serambi kanan dan bilik kanan kaya akan CO2, sedangkan pada serambi kiri dan bilik kiri kaya akan O2.

Apa fungsi dari jantung? Jantung berfungsi sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh. Denyut jantung orang normal dalam keadaan biasa antara 60-80 denyut per menit. tekanan darah orang normal adalah 120/80 (120 nilai sistol, yaitu saat bilik kontraksi. 80 nilai diastol, Yaitu saat bilik relaksasi). 

Pembuluh darah dibedakan menjadi 3, yakni : pembuluh nadi (arteri), pembulih balik (vena), dan pembuluh kapiler. Arteri membawa darah keluar dari jantung. Arteri membawa darah kaya O2, kecuali arteri pulmonalis (dari bilik kana ke paru paru) yang kaya CO2. Arteri utama yang membawa darah dari jantung (bilik kiri) ke seluruh rubuh disebut aorta.

Vena membawa darah menuju jantung. Vena membawa darah kaya Co2, kecuali vena pulmonalis (dari paru paru ke serambi kiri) yang kaya O2. Vena utama yang membawa darah dari seluruh tubuh ke jantung (sermabi kanan) disebut vena cava.

Arteri terletak agak dalam dari permukaan tubuh, dindingnya kuat dan elastis, enyut jantung terasa, jika terluka darah memancar, Vena terletak dekat permukaan tubuh, warnanya kebiruan, dindingnya tipis dan tidak elastis, denyut jantung tidak terasa, memiliki katup di sepanjang pembuluh (mencegah darah mengalir kembali ke jantung).

Arteri dan vena dihubungkan oleh pembuluh kapiler yang berhubungan langsung dengan sel sel tubuh. Pembuluh Kapiler, merupakan cabang cabang halus dari arteriol, berhubungan langsung dengan sel sel tubuh, tempat terjadinya pertukaran gas CO2 dan O2. Kapiler membawa O2 dan sari makanan masuk ke sel sel tubuh serta membawa sisa pembakaran dari sel untuk dikeluarkan dari tubuh.

Peredaran darah manusia adalah peredaran darah tertutup Karena darah selalu mengalir di dalam pembuluh darah. Peredaran manusia adalah peredaran darah ganda karena dalam satu kali peredarannya darah melalui jantung 2 kali. Peredaran darah manusia dibsrut peredaran darah kecil dan peredaran darah besar.

Peredaran darah kecil : Jantung (bilik kanan) è  paru paru è  jantung (serambi kiri).
Peredaran darah besar : Jantung (bilik kiri) è  seluruh tubuh è  jantung (serambi kanan).


Terimakasih sekian artikel kami dengan judul "Rangkuman Sistem Peredaran Darah Manusia" semoga artikel yang kami berikan ini bermanfaat bagi anda. Artikel ini bersumber dari :Mandiri biologi smp kelas 8, Trimakaih, mari baca artikel menarik lainya seputar biologi di Gerbangilmu. 

1 komentar:

Click here for comments
January 3, 2016 at 10:26 PM ×

Artikelnya bermanfaat kak, ini saya juga punya artikel tentang Sistem Peredaran Darah Manusia, semoga dpt saling melengkapi

Penjabaran Lengkap Sistem Peredaran Darah Manusia

Reply
avatar

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.